PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN

Wulida Rochman

Informasi Dasar

112030140
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMA Negeri 2 Kebumen yang sudah berdiri sejak tahun 1992 tengah mempersiapkan diri untuk terus meningkatkan kualitasnya dalam bersaing dengan SMA-SMA swasta dan negeri di seluruh Indonesia dalam menghadapi otonomi sekolah pada tahun 2013. Salah satu predikat yang ingin dicapai adalah dalam kancah Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Untuk mencapai predikat tersebut, pihak sekolah harus memenuhi beberapa persyaratan yang diantaranya yaitu ketersediaan fasilitas serta perpustakaan memiliki koleksi buku setiap mata pelajaran dan dikelola.
Perancangan sistem informasi perpustakaan yang dinamakan L.A.B.Z ini dapat memperbaiki proses bisnis yang bermasalah di perpustakan SMA Negeri 2 Kebumen. Sistem Informasi L.A.B.Z membantu kerja pustakawan menjadi lebih mudah dalam membuat laporan bulanan dan tahunan dari pembelian dan dropping. Sistem inipun dapat meminimalisasi tingkat kemungkinan ketidak-valid-an data yang dimasukkan akibat kesalahan manusia (human error). Kesalahan ini terutama terkait dengan penghitungan denda atas keterlambatan pengembalian pinjaman. Ketersediaan katalog buku sebagai panduan bagi siswa dalam meminjam juga memudahkan pustakawan dalam manajemen perpustakaan.
Sistem informasi L.A.B.Z dibuat berbasis desktop agar memudahkan pustakawan untuk menjalankan aplikasi tanpa membutuhkan program tambahan seperti browser. Dibandingkan sistem eksisting, sistem usulan lebih baik terutama terkait dengan aktivitas input buku. Selain itu, adanya fasilitas berupa grafik frekuensi peminjaman, membuat kepala sekolah memiliki tolak ukur dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan stok buku perpustakaan untuk kemajuan sekolah. Sistem Informasi, Manajemen Perpustakaan, Aplikasi Desktop

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wulida Rochman
Perorangan
Christanto Triwibisono, Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini