PERANCANGAN SISTEM OTOMASI BERBASIS AUTONOMOUS PADA MESIN PENGEMASAN DI PT. SAMUDRA MONTAZ, JAKARTA

Rama Ashryputro

Informasi Dasar

112030129
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fleksibilitas dan adaptabilitas merupakan dua hal penting yang sedang populer di dalam dunia manufaktur pada saat ini. Dua hal ini terkait dengan kondisi permintaan dari konsumen yang selalu bersifat fluktuatif. Begitu pula kondisi permintaan yang terjadi di PT Samudra Montaz, yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang packaging (pengemasan) bahan pangan beserta alat bantunya. Sebagai perusahaan yang mempunyai cakupan area distribusi yang luas dengan jumlah pelanggan yang cukup banyak, PT Samudra Montaz sudah tentu mendapatkan order yang selalu fluktuatif datang dari satu atau lebih konsumennya. Di sinilah diperlukan suatu alat bantu yang bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi permintaan dan parameter – parameter proses produksi yang telah ditetapkan sebelumnya dalam menanggapi permintaan yang fluktuatif. Fleksibel dalam kasus ini dilakukan secara mandiri oleh mesin (autonomously) yang ada dengan peran operator yang minim. Melihat keadaan tersebut, dalam penelitian ini penulis memutuskan untuk merancang suatu sistem yang bersifat fleksibel terkait dengan proses pengemasan pada proses yang dilakukan oleh mesin produksi. Melalui sistem ini mesin yang ada dapat berjalan secara autonomous dalam suatu proses produksi, tentunya dengan parameter – parameter yang sudah ditentukan sebelumnya. Adapun judul dari penelitian ini adalah “Perancangan Autonomous System Pada Proses Packaging sebagai Alat Bantu Fleksibilitas Proses Produksi”.
Proses perancangan sistem ini dituliskan dalam bentuk kerangka pemecahan masalah. Ada lima tahap dalam kerangka pemecahan masalah, yaitu tahap studi awal, tahap inisialisasi, tahap kreatif, tahap pengujian dan analisis, dan tahap kesimpulan dan saran. Pada tahap studi awal dilakukan perumusan masalah, pencapaian tujuan penelitian, dan pembatasan masalah. Selanjutnya adalah tahap inisialisasi, pada tahap ini dilakukan pembelajaran terhadap materi yang berkaitan dengan penelitian ini. Jenis pembelajaran materi dibagi menjadi dua macam, yaitu studi literatur dan studi lapangan. Pada tahap berikutnya yaitu tahap kreatif, dilakukan perancangan sistem sesuai dengan deskripsi pada tahap studi awal. Tahap ini terbagi atas tiga langkah utama, yaitu perancangan skenario, perancangan sistem autonomous, dan perancangan plant simulator. Sistem yang telah dibuat kemudian diuji dan dianalisis apakah sistem yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan awal atau belum. Langkah ini yang dilakukan pada tahap pengujian dan analisis. Dari hasil pengujian dan analisis kemudian didapat kesimpulan dan saran.
Penelitian ini dibagi ke dalam enam bab. Bab I berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan masalah. Bab II berisi tentang landasan teori dari materi yang digunakan sebagai acuan pembuatan sistem autonomous. Secara garis besar ada lima materi utama, yaitu Autonomous system, sistem produksi, sistem otomasi, Human Machine Interface (HMI), dan basisdata (database). Bab III berisi tentang pemodelan secara konseptual beserta kerangka pemecahan masalah dari tugas akhir ini. Bab IV sebagai inti dari pembahasan dari tugas akhir ini yaitu menyangkut analisis sistem eksisting dan perancangan sistem yang dibuat dan dilanjutkan dengan analisis sistem pada bab V. Bab VI merupakan bab terakhir yang berisi tentang kesimpulan dan saran dari penelitian yang dilakukan pada tugas akhir ini.
Dari penelitian ini dihasilkan suatu sistem yang berjalan secara mandiri (autonomous), yaitu dalam hal memberikan fasilitas kepada user untuk dapat mengatur skenario proses produksi sesuai kebutuhan, selanjutnya mesin akan bekerja sesuai skenario tersebut. Selain itu sistem ini juga menyediakan informasi kepada operator mengenai proses produksi yang berjalan, yaitu database kondisi mesin, alarm, realtime dan historical trending dari suhu. Dengan begitu akan memberikan kemudahan bagi user untuk melakukan pengendalian dan pemantauan terhadap sistem. SCADA, Autonomous, Otomasi, PLC, Sachet

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM OTOMASI BERBASIS AUTONOMOUS PADA MESIN PENGEMASAN DI PT. SAMUDRA MONTAZ, JAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rama Ashryputro
Perorangan
Haris Rachmat, Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini