ANALISIS KELAYAKAN POLITEKNIK TELKOM BANDUNG

SHOFA YUNINTA R.

Informasi Dasar

112030118
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Information & Communication Technology and Management (ICTM) berkembang sangat pesat dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras. Perkembangan yang sangat pesat ini harus didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan bagus. Indonesia sebagai negara yang memiliki SDM dengan jumlah yang besar sudah selayaknya ikut menikmati perkembangan teknologi ini. Salah satu upaya untuk mengurangi kesenjangan antara perkembangan teknologi dan ketersediaan sumber daya manusia yang menguasai teknologi tersebut adalah dengan menyediakan bidang pendidikan yang sesuai. Untuk itu, dibutuhkan suatu program studi yang secara khusus mempelajari bidang teknologi informasi dan manajemen IT. Melihat pangsa pasar yang cukup besar, Yayasan Pendidikan dan Latihan Manajemen dan Teknologi Telekomunikasi (YPT) akan mengembangkan NTC dan Program Profesional menjadi Politeknik berbasiskan Information & Communication Technology and Management (ICTM). Dengan latar belakang tersebut, akan dibahas apakah Politeknik Telkom Bandung mampu menjadi menjadi lembaga pendidikan Politeknik Information & Communication Technology and Management (ICTM) yang berstandar internasional dan terbaik di Indonesia.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey dengan instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap Politeknik Telkom. Untuk pengujian dari aspek teknis dan keuangan digunakan data sekunder yang diperoleh dari Politeknik Telkom Bandung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk Politeknik Telkom 48,5 % dari lulusan SMU dan 69,5 % dari lulusan SMK, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap layanan tersebut. Untuk pasar tersedia didasarkan pada variabel tingkat kemampuan, daya beli terhadap Politeknik Telkom, yakni untuk lulusan SMU sebesar 47,42 % dan lulusan SMK sebesar 44,6 % dan untuk pasar sasaran adalah 0,27%. Selain itu dihasilkan juga peramalan demand Politeknik Telkom untuk 20 tahun kedepan. Sedangkan hasil penelitian dari aspek teknis adalah dibuatnya rancangan berdasarkan estimasi demand Politeknik Telkom. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka Politeknik Telkom ini layak direalisasikan dengan nilai NPV Rp. 7.397.577.971, IRR 23% dan PBP 9,24 tahun.
Politeknik Telkom, Riset Pasar, Keuangan, Kelayakan

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

ANALISIS KELAYAKAN POLITEKNIK TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHOFA YUNINTA R.
Perorangan
ENDANG CHUMAIDIYAH, ANAK AGUNG GDE AGUNG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini