PERUMUSAN STRATEGI TELKOM BERDASARKAN PREFERENSI CALON KONSUMEN PRODUK DAN LAYANAN FIXED MOBILE CONVERGENCE DI KOTA BANDUNG

Anjunita Nainggolan

Informasi Dasar

112030117
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Layanan Fixed Mobile Convergence merupakan salah satu bentuk bentuk layanan yang direncanakan akan diluncurkan oleh Telkom setelah menggelar jaringan teknologi masa depan atau Next Generation Network. Next Generation Network (NGN). Jaringan telekomunikasi masa depan merupakan model jaringan baru yang berbasis Internet Protokol (IP) yang mampu memberikan layanan yang multiservis seperti voice, games, video, dan lain-lain. Dalam perkembangannya, teknologi NGN bergerak ke arah konvergensi layanan voice dan data antara jaringan fixed dan mobile. Layanan Fixed Mobile Convergence merupakan konvergensi layanan antara fixed dan mobile.
Sebelum meluncurkan Layanan FMC ke pasar telekomunikasi, Telkom merasa perlu untuk mengetahui kebutuhan pasar serta preferensi pasar terhadap Layanan FMC dengan melakukan pengukuran pengujian terhadap concept Layanan FMC yang telah dirumuskan sebelumnya. Setelah diperoleh informasi mengenai preferensi pasar, maka dapat dirumuskan stategi untuk mendukung peluncuran dan perkembangan Layanan FMC di masa yang akan datang. Riset pasar merupakan tool yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan informasi mengenai kebutuhan dan preferensi pasar yang beragam terhadap layanan FMC.
Agar diperoleh informasi mengenai kebutuhan dan preferensi pasar pengguna telekomunikasi terhadap Layanan FMC, maka digunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Kuisioner disebarkan kepada pelanggan telekomunikasi di Kota Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPPS 12 for Windows dengan metoda Statistika Deskriptif, Analisis Regresi, dan Diagram Interest Preference.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu komunikasi mobile phone saat ini mendominasi dunia pertelekomunikasian di Kota Bandung. Selain itu, internet sudah digunakan oleh lebih dari 50% populasi pengguna telekomunikasi Kota Bandung dengan pengguna terbanyak berasal dari mahasiswa dan golongan pekerja. Persepsi pasar baik dilihat dari tingkat ketertarikan maupun kesiapan, kedua-duanya menunjukkan hasil yang positif bagi perusahaan. Sekitar 70% calon konsumen menyatakan siap akan peluncuran layanan dan waktu peluncuran untuk masing-masing layanan antara lain Layanan Price Bundling, antara 3-6 bulan; Layanan Service Convergence, antara 3-12 bulan; Layanan Device Convergence antara 6-12 bulan; dan Layanan Single Number Identification, antara 6-12 bulan dari sekarang. Untuk ketertarikan dan preferensi pasar terhadap layanan, terdapat dua layanan yang membuat calon konsumen tertarik dan prefer untuk berlangganan, yaitu Layanan Device Convergence dan Single Number Identification. Selain itu, terdapat juga layanan yang membuat calon konsumen tidak tertarik dan tidak prefer untuk berlangganan, yaitu Layanan Price Bundling dan Service Convergence. Berdasarkan informasi ini, maka strategi yang dapat diambil oleh Telkom antara lain mengubah konsep dari Layanan Price Bundling dan Service Convergence, serta mengubah urutan peluncuran masingmasing layanan sesuai dengan kebutuhan pasar.
Berdasarkan tingginya tingkat keminatan dan kesiapan pasar atau calon konsumen terhadap Produk dan Layanan FMC, maka PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Memiliki peluang cukup besar untuk memperluas pangsa pasarnya bahkan menguasai pasar pengguna telekomunikasi khususnya di Kota Bandung. Preferensi, Fixed, Mobile, Fixed Mobile Convergence.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

PERUMUSAN STRATEGI TELKOM BERDASARKAN PREFERENSI CALON KONSUMEN PRODUK DAN LAYANAN FIXED MOBILE CONVERGENCE DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anjunita Nainggolan
Perorangan
Agus Ahmad Suhendra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini