USULAN STRATEGI DAN TARIF LAYANAN FLEXI HOME DENGAN METODE VALUE BASED PRICING (studi kasus: AREA BANDUNG)

IKEN PALUPI

Informasi Dasar

112030114
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan telepon rumah ternyata masih belum menghilang sejak keberadaan telepon seluler. Besarnya minat masyarakat memasang telepon rumah terkait dengan masalah budaya sebagian besar masyarakat yang merasa belum lengkap kalau belum memiliki telepon [tetap] di rumah. PT. Telkom adalah penyedia utama layanan telekomunikasi sambungan telepon tidak bergerak dan salah satu operator seluler berbasis CDMA di Indonesia. Sejak Mei 2004, PT. Telkom menyediakan Fixed Wireless Phone sebagai pengganti Fixed Wireline untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan telepon tetap di rumah yang dikenal dengan nama Flexi Home.
Makin tingginya tingkat kompetisi diantara pelaku bisnis telekomunikasi dan makin beragamnya perilaku pembeli maka perusahaan harus benar-benar cermat dalam menentukan strategi pemasaran yang digunakan. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah strategi penentuan harga, karena dibandingkan dengan bauran pemasaran lainnya, price (harga) mengirimkan sinyal yang paling penting bagi customer. Salah satu cara untuk menentukan price adalah dengan menjadikan value (nilai) sebagai dasar penentuan price , dimana price ditentukan oleh value yang diterima customer dan perusahan mendapatkan pembayaran atas value(nilai) yang mereka ciptakan.
Dalam penelitian ini, value dari layanan diukur dengan membandingkan benefit yang diterima pelanggan Flexi Home dengan harga/pengorbanan yang harus mereka keluarkan untuk menikmati layanan. Value ini kemudian dibandingkan dengan value layanan Wifone sebagai kompetitor. Untuk mengetahui besarnya kemauan bayar (Customer Willingness to Pay) digunakan metode Price Sensitifity Meter. Dengan memperhatikan Customer Willingness to Pay, tarif existing, tarif pesaing, tingkat kepentingan komponen harga, gap tingkat kepentingan – tingkat performansi, tujuan perusahaan, biaya, dan regulasi pemerintah, maka ditetapkan strategi penurunan harga.
Usulan tersebut menghasilkan NPV sebesar Rp1,790,711,733,- , IRR 40% dan Pay Back Period 1,78 tahun.
Customer Value, Customer Willingness to Pay, Flexi Home

Subjek

SERVICE
 

Katalog

USULAN STRATEGI DAN TARIF LAYANAN FLEXI HOME DENGAN METODE VALUE BASED PRICING (studi kasus: AREA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IKEN PALUPI
Perorangan
FARDA HASUN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini