Perancangan Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Untuk Menemukan Lokasi Fasilitas Umum (Studi Kasus : Kota Bandung)

Dewa Gede Upadana

Informasi Dasar

112030077
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi (LBS) merupakan suatu content layanan yang memadukan tiga teknologi yaitu: Sistem Informasi Geografis, internet, dan perangkat mobile. Pada LBS terdapat tiga komponen yang telibat,pertama adalah user atau pelanggan dari content LBS. User dapat mengakases content LBS melalui ponsel atau alat komunikasi bergerak lainnya. Kedua adalah Service Provider yang bertugas untuk memproses data yang ada menjadi informasi yang diinginkan oleh user. Ketiga adalah operator jaringan seluler yang berperan sebagai penyedia jaringan dan informasi mengenai lokasi user.
Sampai saat ini content LBS yang tersedia masih berbasi Sort Message Service (SMS). Untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi fasilitas yang diinginkan user dapat mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang telah ditentukan sebelumnya, kemudian user akan mendapatkan SMS yang berisi informasi alamat lokasi yang diinginkan. Informasi ini akan berguna jika user telah mengetahui lokasi fasilitas tersebut sebelumnya, namun tidak akan berguna jika user belum mengetahui lokasi fasilitas yang diinginkan. Karena itu perlu dirancang suatu apikasi LBS yang mampu memberikan informasi secara visual, sehingga informasi yang disampaikan dapat berguna untuk semua user.
Perancangan aplikasi bertujuan untuk merancang suatu sistem yang mampu memberikan informasi mengenai lokasi user dan lokasi fasilitas yang diinginkan secara visual, sehingga informasi yang disampaikan mampu digunakan oleh semua user. Dalam penelitian ini sistematika pemecahan masalah dibagi menjadi enam tahap, yaitu: tahap studi awal, tahap inisialisasi, tahap pemodelan dan perancangan sistem, tahap pengujian dan verifikasi model, tahap implementasi dan analisis, tahap kesimpulan dan saran.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi secara visual maka Aplikasi LBS perlu dilengkapi dengan peta lokasi yang memuat informasi lokasi user dan lokasi fasilitas yang diinginkan. Peta lokasi ditempatkan pada server sehingga memudahkan untuk pengubahan data.
Sistem informasi Geografis, Layanan Berbasi Lokasi, Lokasi Fasilitas

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Untuk Menemukan Lokasi Fasilitas Umum (Studi Kasus : Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dewa Gede Upadana
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini