PERANCANGAN JALUR KARIR BERBASIS KOMPETENSI PADA JABATAN MANAGERIAL BERDASARKAN MODEL KOMPETENSI SPENCER & SPENCER (Studi Kasus: KPBS Pangalengan)

nuria prastiti

Informasi Dasar

112030067
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengelolaan SDM di KBPS yang masih menggunakan pendekatan tradisional membutuhkan strategi penempatan kembali sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi organisasi. Hal tersebut memerlukan informasi mengenai jalur karir sebagai bagian dari sistem pengembangan sumber daya manusia.

Dalam perancangan jalur karir ini dibutuhkan data yang diperoleh dari hasil kuisioner kebutuhan kompetensi yang akan menghasilkan level kebutuhan kompetensi dan kuisioner perbandingan berpasangan. Model kompetensi yang digunakan adalah model kompetensi Spencer & Spencer yang terdiri dari 6 jenis kompetensi yaitu Achievement and Action, Concern for Order, Quality, and Accuracy, Initiative, Helping and Human Service, The Impact and Influence Cluster, Managerial, dan Cognitive.

Penentuan kebutuhan kompetensi jabatan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 16 jabatan yang terdapat di KPBS, melalui penyebaran kuisioner. Responden kuisioner adalah pemegang jabatan managerial, dalam hal ini terdiri dari manager dan kepala seksi. Untuk manager memberikan penilaian kepada jabatan yang dipegang dan kepala seksi di bawahnya, sedagkan kepala seksi melakukan penilaian untuk jabatan yang dipegangnya saja.

Pengelompokan jabatan dilakukan berdasarkan kemiripan kebutuhan kompetensi generik dan spesifik jabatan dengan menggunakan analisa cluster. Hasil perancangan jalur karir menggambarkan jabatan-jabatan yang dapat dicapai oleh setiap jabatan di KPBS. manajemen SDM, jalur karir, kompetensi

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN JALUR KARIR BERBASIS KOMPETENSI PADA JABATAN MANAGERIAL BERDASARKAN MODEL KOMPETENSI SPENCER & SPENCER (Studi Kasus: KPBS Pangalengan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

nuria prastiti
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini