Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori di PT MQ Consumer Goods Bandung

Rendra Rizky Asnuria

Informasi Dasar

112030062
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu aktivitas supply chain di PT. MQ Consumer Goods adalah aktivitas pengawasan inventori dan perencanaan produksi. Proses pengawasan inventori yang dilakukan saat ini masih bersifat manual, klarifikasi jumlah persediaan dilakukan hampir setiap kali ada pemesanan. Hal ini menyebabkan respon terhadap kekurangan persediaan barang seringkali terlambat, sehingga pelanggan sendiri yang terkena imbasnya dengan harus menunggu barang pesanannya diproduksi terlebih dahulu. Pada aktivitas perencanaan produksi, data yang digunakan sebagai dasar perencanaan adalah data historis penjualan di masing-masing komponen supply chain sehingga mengakibatkan bullwhip effect. Oleh karena itu perlu adanya perancangan suatu sistem yang mampu melakukan pengawasan inventori secara real-time dan sekaligus mampu menyediakan data demand aktual untuk dijadikan dasar perencanaan produksi.
Perancangan sistem dilakukan dengan melakukan analisis identifikasi kebutuhan sistem yang kemudian digambarkan kedalam pemodelan sistem, perancangan basis data, perancangan struktur menu, dan perancangan antarmuka. Setelah itu rancangan tersebut diimplementasikan kedalam barisan Bahasa Pemrograman yang selanjutnya dilakukan pengujian fungsionalitas.
Berdasarkan hasil perancangan sistem ini dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem Informasi Manajemen Inventori yang dibuat berbasiskan web dengan menggunakan database MySQL serta bahasa pemrograman PHP ini telah berhasil diuji fungsionalitasnya sehingga dapat berfungsi sebagai alat pendukung upaya optimalisasi supply chain. Sistem Informasi, Manajemen Inventori

Subjek

Information systems management
 

Katalog

Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori di PT MQ Consumer Goods Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rendra Rizky Asnuria
Perorangan
Avon Budiyono, Christanto Triwibisono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini