PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BILLING DAN MANAJEMEN DATA PELANGGAN VOIP STUDI KASUS "CV CIPTA BANGUN ISTANA"

IRAWAN WIJANARKO

Informasi Dasar

112030060
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan alternatif teknologi yang menyediakan tingkat konektifitas dan kualitas cukup baik dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tarif reguler PT TELKOM. Penghematan yang bisa didapat berkisar antara 10-15%. Banyak pelaku bisnis mulai beralih menggunakan teknologi ini terutama bagi mereka yang sudah mempunyai cabang di berbagai kota.
mereka yang sudah mempunyai cabang di berbagai kota. CV Cipta Bangun Istana (CBI) merupakan salah satu mitra PT TELKOM dalam memasarkan produk VoIP. Di Bandung pasar VoIP masih terbuka lebar dan memiliki potensi yang menjanjikan. Potensi yang besar ini tentunya akan terserap dengan baik jika CV CBI mempunyai sistem yang dapat mengoperasikan, mengelola data, dan menyediakan bahan analisis untuk menentukan strategi apa yang harus ditempuh agar bisnis ini dapat berkembang dengan pesat. Untuk itu dalam Tugas Akhir ini, penulis akan merancang sebuah sistem yang dapat melakukan perhitungan billing dan membantu CV CBI dalam melakukan manajemen data pelanggannya.
Metode yang digunakan untuk perhitungan billing tersebut adalah dengan merancang sebuah Sistem Informasi, yaitu suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik. Dalam hal ini dibutuhkan inputan-inputan berupa data pelanggan, data kode area . Volume percakapan yang besar sangat tidak efisien jika ditangani secara manual. Selain itu jika menggunakan metode manual akan menghabiskan waktu yang lebih banyak dan tidak praktis.
Dengan adanya sistem informasi ini sebagai sistem baru, diharapkan dapat membantu CV CBI dalam proses perhitungan billing pelanggan VoIP. Keuntungan dari aplikasi ini adalah perhitungan billing bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Selain itu melalui aplikasi ini CV CBI bisa memantau perkembangan bisnis VoIPnya dari waktu ke waktu. Laporan-laporan yang dihasilkan dari aplikasi ini diharapkan dapat dijadikan sebagai data atau bahan analisis untuk menentukan strategi perusahaan dalam meningkatkan penjualan di masa yang akan datang. Information System, Billing, Data Management

Subjek

Information system management
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BILLING DAN MANAJEMEN DATA PELANGGAN VOIP STUDI KASUS "CV CIPTA BANGUN ISTANA"
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRAWAN WIJANARKO
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini