EVALUASI PELAKSANAAN AKTIVITAS KONTROL PADA SIKLUS BISNIS BEBAN DENGAN PRINCIPLE EVALUATION MATRIX DI KANTOR DIVISI REGIONAL III PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK

Annisa Istikawati

Informasi Dasar

112030059
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk sebagai perusahaan yang telah tercatat di bursa saham dalam negeri dan luar negeri berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan serta praktek tata kelola perusahaan dengan pembenahan internal dan pemenuhan standard internasional. Standard internasional khususnya aturan yang ditetapkan oleh US Securities and Exchange Commission (US SEC) yang harus diadopsi oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, sebagai salah satu perusahaan yang telah listing di New York Stock Exchange (NYSE), adalah Sarbanes Oxley Act (SOA). Sistem pengendalian internal yang tercantum dalam Sarbanes Oxley Act merupakan unsur penting dalam praktek Good Corporate Governance. Pengendalian internal atas pelaporan keuangan menjadi prioritas dalam pembenahan aktivitas kontrol perusahaan dan sebagai usaha untuk menjalankan pengendalian internal yang terintegrasi.
Pelaksanaan pengendalian terhadap siklus bisnis yang telah dibangun, mengalami hambatan pada pelaksanaan aktivitas kontrol pada pengendalian internal karena kurangnya kepedulian terhadap implementasi Sarbanes Oxley Act section 404. Para pelaku kontrol dan pelaku aktivitas cenderung bersifat hanya menjalankan desain kontrol yang telah dirancang oleh unit pengelola SOA, yaitu Proyek Integrasi Internal Control (PIIC). Kurangnya kepedulian tersebut berkaitan dengan unsur tingkat keandalan pengendalian internal, yaitu: control procedures, pemahaman karyawan, sikap manajemen, monitoring, dan pengendalian dokumen.
Penelitian terhadap pelaksanaan aktivitas kontrol dilakukan di kantor Divisi Regional III PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, dan memfokuskan evaluasi pelaksanaan aktivitas kontrol pada siklus bisnis beban karena siklus ini berhubungan dengan transaksi beban (expenses) yang terdapat pada seluruh unit bisnis PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk, dan berpengaruh lebih dari 5% dari Earn Before Tax (EBT) perusahaan, serta karena siklus ini terkait dengan material weakness pada Annual Report PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk pada tahun 2006.
Berdasarkan Principles Evaluation Matrix, tingkat pelaksanaan aktivitas kontrol di kantor Divisi Regional III PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk berada pada tingkat systematic, sehingga perlu adanya komitmen dari manajemen dalam peningkatan pengendalian internal sehingga dapat memenuhi kepatuhan terhadap aturan Sarbanes Oxley Act dan dapat mengembangkan good corporate governance.
Sarbanes Oxley Act, pengendalian internal, aktivitas kontrol, Principles Evaluation

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

EVALUASI PELAKSANAAN AKTIVITAS KONTROL PADA SIKLUS BISNIS BEBAN DENGAN PRINCIPLE EVALUATION MATRIX DI KANTOR DIVISI REGIONAL III PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Annisa Istikawati
Perorangan
Husni Amani, A.Wulan Prihantari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini