Riset Potensi PasarSpeedy Home Plug ADSL Di Kota Bandung Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran

Zaldy Anand

Informasi Dasar

112030058
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Layanan Speedy Home Plug ADSL merupakan salah satu jenis layanan yang sedang dikembangkan untuk memenuhi ekspektasi dan permintaan konsumen yang semakin meningkat terhadap fasilitas Internet. Speedy Home Plug ADSL adalah produk pengembangan dari PT Telkom dalam bidang multimedia dan telekomunikasi dengan mengadopsi teknologi Power Line Communication (PLC) yang berkembang saat ini. PLC merupakan teknologi yang memungkinkan transmisi data kecepatan tinggi melalui jaringan kabel listrik.
Agar layanan ini dapat diterima oleh pasar telekomunikasi dibutuhkan pengenalan pasar secara mendalam terhadap pasar layanan Speedy Home Plug ADSL dan karakteristiknya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai: bagaimana pasar potensial dan pasar tersedia layanan Layanan Speedy Home Plug ADSL, bagaimana segmentasi layanan layanan Speedy Home Plug ADSL dan karakteristiknya, bagaimana segmen sasaran layanan Speedy Home Plug ADSL, dan bagaimana positioning produk layanan Speedy Home Plug ADSL, serta merumuskan bentuk komersialisasi dan bauran promosinya.
Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan kepada para pengguna layanan Internet baik kepada pelanggan Speedy maupun pelanggan ISP lain yang ada di wilayah Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 12.00 for window yaitu dengan metode statistika deskriptif dan analisis cluster untuk penentuan segmentasinya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu besarnya pasar potensial untuk layanan Layanan Speedy Home Plug ADSL yaitu sebanyak 63.5% dan pasar tersedianya sebesar 39.4 %. Dari analisis cluster diperoleh 2 segmen yaitu segmen yang proaktif terhadap layanan dan manfaat sebesar 56.7 % dan segmen yang nonproaktif terhadap layanan dan manfaat sebesar 43.3%. Dari kedua segmen ini dipilih segmen yang proaktif terhadap layanan dan manfaat sebagai pasar sasaran karena selain potensi penjualannya luas, responden yang berada di segmen ini mempunyai karakteristik yang sesuai dengan layanan Speedy Home Plug ADSL. Kemudian, positioning layanan dilakukan berdasarkan preferensi pasar terhadap manfaat layanan Layanan Speedy dan tingkat kepentingan layanan Home Plug ADSL. Manfaat yang dikemukakan dalam produk ini adalah kemudahan dalam menginstall perangkat, kemudian kemudahan dalam hal mobilitas dan fasilitas pendukung untuk fasilitas (LAN,CCTV,IPTV,VoIP dll).
Berdasarkan tingginya pasar potensial Speedy Home Plug ADSL, maka PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki peluang cukup besar untuk menguasai pangsa pasar yang lebih besar khususnya di wilayah Bandung. Untuk itu diperlukan sebuah formulasi strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan segmentasi, targeting dan positioning yang telah ditentukan. Sehingga dapat menggaet dan menambah penetrasi akses internet broadband di Indonesia Segmentasi, targeting dan Positioning Speedy Home Plug ADSL

Subjek

STRATEGY-MARKETING
 

Katalog

Riset Potensi PasarSpeedy Home Plug ADSL Di Kota Bandung Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zaldy Anand
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA, BUDI SUPARDIMAN. Ir.,MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini