KAJIAN KELAYAKAN BISNIS POWDER COATING DI CV. BARTEC UTAMA MANDIRI SEMARANG

M. IQBAL MAULANA

Informasi Dasar

112030040
338.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Bartec Utama Mandiri (BUMA) adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan furniture hospital equipment. Dalam pengembangan usahanya, CV. BUMA berinisiatif untuk membuka usaha baru berupa jasa Powder Coating, yang merupakan bisnis jasa pelapisan pada permukaan bahan yang terbuat dari logam dengan metode powder coating. Usaha ini selain akan dipasarkan ke pihak luar, sebesar 40% dari kapasitas produksi diperuntukkan sebagai pemenuhan kebutuhan internal perusahaan dalam pelapisan furniture hospital equipment. Sehingga kualitas produk dari perusahaan dapat lebih diprioritaskan.
Diperoleh data dari Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Semarang, bahwa pada tahun 2006 jumlah industri pengolahan logam di Semarang mencapai 39 perusahaan, dan diperkiraakan volume produksi akan terus meningkat seiring dengan pesatnya bisnis pengolahan logam. Sementara menurut data dari CV. BUMA sendiri, baru terdapat dua perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa powder coating. Dengan demikian peluang bisnis jasa powder coating sangat terbuka lebar mengingat pasar yang cukup besar, serta masih sedikitnya pesaing di wilayah Semarang. Untuk itu dalam penelitian ini, dikaji bisnis jasa powder coating yang diprediksi oleh CV. BUMA akan menjadi satu peluang dalam pengembangan perusahaan sehingga peningkatan revenue pun bisa didapatkan.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey dengan instrumen penelitian berupa kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap layanan yang akan ditawarkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Untuk pengujian dari aspek ekonomis digunakan data sekunder yang diperoleh dari CV. BUMA sebagai pemilik bisnis jasa powder coating.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk jasa powder coating adalah sebesar 80 %, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan variabel tingkat kemampuan akses terhadap layanan adalah 87,5 % dan pasar sasaran adalah 20%. Kemudian untuk hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka jasa powder coating ini layak dengan nilai NPV Rp 621.860.462,- IRR 37,36 % dan PBP 2,996 tahun. Powder Coating, kelayakan, pasar, keuangan.

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

KAJIAN KELAYAKAN BISNIS POWDER COATING DI CV. BARTEC UTAMA MANDIRI SEMARANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. IQBAL MAULANA
Perorangan
Rd. ROHMAT SAEDUDIN, MURAHARTAWATY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini