RANCANG BANGUN INTEGRASI SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) DENGAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA STASIUN KERJA

GALIH KURNIAWAN

Informasi Dasar

112030037
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Information Technology (IT) atau teknologi informasi adalah sebagai studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan terhadap manajemen dari sistem informasi berbasis computer. Dewasa ini perkembangan alatalat yang mendukung Information Technology (IT) sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah berbentuk website, teknologi SMS (short massage service), dan streaming video. Alatalat tersebut sangat familiar di kalangan masyarakat umum, karena memberikan manfaat untuk mempertukarkan informasi dan membuat suatu sistem informasi yang dibutuhkan. Sistem Informasi merupakan komponenkomponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi tersebut untuk mendukung proses pengambilan keputusan, koordinasi dan pengendalian. Sistem informasi dapat diimplementasikan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition). SCADA adalah suatu sistem pengakuisisian suatu data untuk digunakan sebagai control dari sebuah obyek. Dalam bidang industri, sistem SCADA banyak diimplementasikan dalam proses otomasi. Oleh sebab itu, maka dirasa perlu untuk membuat suatu sistem aplikasi yang mengintegrasikan antara alatalat yang mendukung Information And Communication Technology (ICT) dengan sistem SCADA yang bertujuan untuk otomasi proses produksi.
Dalam merancang sistem otomasi ini, pemecahan masalah yang dilakukan terbagi menjadi lima tahapan, yaitu tahap studi awal, tahap inisialisasi, tahap kreatif, tahap pengujian dan analisa serta tahap kesimpulan dan saran. Tahap awal merupakan tahap identifikasi masalah yang ada dan penentuan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. Pada tahap insialisasi dilakukan studi literatur dan studi lapangan. Tahap selanjutnya adalah tahap kreatif, dimana pada tahap ini proses pembuatan program untuk PLC (Programmable Logic Controller) dan pembuatan perangkat lunak Human Machine Interface dilakukan secara paralel. Untuk mengetahui apakah hasil perancangan telah sesuai dengan dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai maka setelah tahap kreatif dilakukan tahapan pengujian dan analisa. Tahap akhir adalah kesimpulan dan saran untuk penelitian kedepan.
Hasil yang didapat dari perancangan sistem ini kemudian dianalisa. Analisa hasil perancangan sistem dibagi menjadi empat tahap. Tahap yang pertama adalah analisa hasil perancangan sistem yang meliputi analisa pemrograman sistem kontroling dan analisa fungsi dari tiaptiap komponen yang terintegrasi. Tahap kedua adalah analisa perangkat keras yang meliputi analisa semua komponen yang digunakan. Tahap ketiga adalah analisa perangkat lunak yang meliputi analisa pemrograman tiaptiap komponen sistem, konfigurasi antar komponen komputer dengan modem, dan analisa pembuatan basis data. Tahap keempat adalah analisa kelebihan dan kekurangan sistem. Analisa ini meliputi keunggulan dari produk yang dibuat dan kekurangan yang ada dalam sistem yang telah terintegrasi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari perancangan sistem ini adalah telah terintegrasinya sistem SCADA dengan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT) pada stasiun kerja sehingga memberikan kemudahan pengamatan, pencatatan dan pelaporan kondisi stasiun kerja. Serta dengan adanya sistem pemantau yang juga sekaligus dapat difungsikan sebagai media pengaturan sistem otomasi, menjadikan sistem semakin fleksibel terhadap perubahanperubahan yang ada.
Supervisory Control And Data Acquisition(SCADA), Information And

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

RANCANG BANGUN INTEGRASI SUPERVISORY CONTROL AND DATA ACQUISITION (SCADA) DENGAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA STASIUN KERJA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALIH KURNIAWAN
Perorangan
HARIS RACHMAT, MURAHARTAWATY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini