Perancangan Produk Hospital Bed di CV. Bartec Utama Mandiri Menggunakan Metode Ulrich-Eppinger

Sony Kisyono

Informasi Dasar

112030034
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Semarang pada tahun 2007, salah satu indikator untuk mengukur kinerja rumah sakit adalah Bed Occupation Rate (BOR) atau angka penggunaan tempat tidur. BOR menggambarkan tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur rumah sakit (hospital bed). Nilai ideal BOR untuk suatu rumah sakit adalah 75% sampai 85%. Namun ternyata ada beberapa rumah sakit yang meski nilai BOR-nya mencapai 100%, ada pasien yang tetap tidak mendapat hospital bed. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa ada kebutuhan fasilitas rumah sakit (terutama hospital bed) yang masih besar. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba merancang produk hospital bed dengan menggunakan metode pengembangan produk Ulrich-Eppinger.
Untuk mendapatkan data primer, dilakukan wawancara kepada pelanggan utama produk hospital bed. Berdasarkan wawancara yang dilakukan maka didapat 19 atribut kebutuhan yang selanjutnya akan dikelompokkan dengan menggunakan tree diagram. Penilaian yang dilakukan terhadap data primer adalah tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. Perhitungannya dilakukan dengan menggunakan metode Weight Average Performance (WAP). Data sekunder diperoleh dari CV. Bartec Utama Mandiri, produk pesaing, literatur serta internet.
Dari hasil pengolahan data diperoleh 5 atribut kebutuhan yang memperoleh bobot tertinggi yaitu produk hospital bed stabil (4,45), mempunyai pengunci roda (4,39), produk hospital bed kuat (4,36), mempunyai pengaturan sandaran kaki (4,35), dan gerakan roda lancar (4,33). Selanjutnya 18 atribut kebutuhan yang diperoleh pada saat wawancara diterjemahkan ke dalam 21 metrik dalam spesifikasi teknis.
Berdasarkan analisis dan hasil pengolahan data yang dilakukan terhadap 19 atribut kebutuhan dan 21 metrik, dapat diberikan rekomendasi kepada CV. Bartec Utama Mandiri berupa rancangan produk hospital bed yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, agar dapat dicapai kepuasan dan loyalitas konsumen di tengah iklim kompetisi yang makin ketat. perancangan produk, hospital bed, Ulrich-Eppinger

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Perancangan Produk Hospital Bed di CV. Bartec Utama Mandiri Menggunakan Metode Ulrich-Eppinger
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sony Kisyono
Perorangan
Rd. Rohmat Saeduddin, Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini