PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT BANTU AJAR PRAKTIKUM GAMBAR TEKNIK

R. BAMBANG WIDIATMOKO

Informasi Dasar

112030015
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi jaringan yang berkembang pesat saat ini memungkinkan konten digital untuk disampaikan lebih cepat dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam dunia pendidikan, teknologi ini kemudian dimanfaatkan untuk e-learning. E-learning dapat diterapkan dalam proses pengajaran praktikum Gambar Teknik. Dalam hal ini e-learning dapat menjadi alat bantu dalam mengajarkan tools dan bagaimana mengaplikasikan tools tersebut dalam AutoCAD. E-learning dapat dimanfaatkan praktikan untuk mengulang materi yang telah didapatkan dan untuk memecahkan masalah dalam penggunaan AutoCAD kapan saja dan di mana saja jika tersedia komputer. Visualisasi dalam menjelaskan materi praktikum dapat lebih jelas dibandingkan dengan praktikum. Penggunaan web dapat dimanfaatkan praktikan untuk media diskusi, bertanya, dan berkomunikasi langsung dengan asisten tanpa harus bertemu tatap muka.
Dalam perancangan e-learning ini, ada beberapa hal yang dilakukan dalam pemecahan masalah diatas yang dibagi secara garis besar terbagi ke dalam enam tahap, yaitu tahap pembelajaran, tahap analisa sistem, tahap perancangan sistem, tahap implementasi, tahap evaluasi, dan tahap kesimpulan dan saran. Tahap pembelajaran melakukan pembelajaran mengenai literatur, teknologi, dan kondisi eksisting lab Gartek. Tahap analisa sistem menganalisa kebutuhan fungsional dan aplikasi e-learning, user, dan teknologi yang diperlukan untuk perancangan e-learning. Tahap selanjutnya adalah melakukan perancangan sistem dengan membuat rancangan prototype sistem, kemudian prototype akan di-uji cobakan kemudian diimplementasikan pada pelaksanaan praktikum Gambar Teknik. Tahap selanjutnya melakukan mengevaluasi implementasi dari e-learning pada praktikum Gambar Teknik dengan mengukur performansi aplikasi e-learning, efektifitas implementasi e-learning, dan feedback dari pengguna.. Dan akhirnya sampai pada tahap kesimpulan dan saran dari sistem.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan e-learning dapat dijadikan sebagai pelengkap dari kegiatan mengajar praktikum Gambar Teknik dimana e-learning menawarkan sesuatu yang tidak dapat dilakukan dalam pengajaran praktikum Gambar Teknik. Implementasi e-learning cukup memberikan peningkatan pemahaman kepada penggunanya dengan syarat pengguna tersebut langsung mengaplikasikan materi yang diberikan langsung di AutoCAD. e-learning, web, AutoCAD, gambar teknik

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT BANTU AJAR PRAKTIKUM GAMBAR TEKNIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. BAMBANG WIDIATMOKO
Perorangan
Budi Sulistyo, Rino Andias A.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini