Usulan Tarif Layanan Kalibrasi Dimensi Pada PT Nusantara Turbin dan Propulsi

Bayu Rachma Febrianita

Informasi Dasar

112030009
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. NTP merupakan perusahaan jasa dengan bidang spesialisasi proses reparasi, perbaikan berat dan pengujian berbagai kategori mesin pesawat terbang dan turbin gas industri. Selain itu PT. NTP juga melayani jasa kalibrasi yang terdiri atas kalibrasi dimensi, kalibrasi fisik, dan kalibrasi elektrik. Dari ketiga jenis jasa kalibrasi tersebut, kalibrasi dimensi atau kalibrasi perangkat ukur paling banyak pelanggannya. Makin tingginya tingkat kompetisi diantara penyedia jasa kalibrasi menuntut perusahaan untuk cermat dalam menentukan strategi yang digunakan agar mampu bertahan. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan strategi tersebut adalah tarif. Penentuan tarif yang sesuai dan kompetitif sangat penting, berkaitan dengan komitmen perusahaan untuk melayani para pelanggan dengan memberikan harga bersaing. Oleh karenanya tarif kalibrasi yang telah ditentukan sejak tahun 1999 dan belum pernah diperbarui sampai sekarang dinilai sudah tidak relevan lagi sehingga diperlukan perhitungan lagi agar didapatkan tarif yang sesuai untuk layanan kalibrasi dengan mempertimbangkan tarif kompetitor, tarif eksisting, keuntungan yang diiginkan perusahaan, dan biaya layanan kalibrasi.
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, sebelum membuat usulan tarif layanan perlu dilakukan perhitungan biaya layanan kalibrasi terlebih dahulu. Biaya layanan kalibrasi dihitung dengan menggunakan metode Activity Based-Cost System. Setelah didapatkan biaya layanan kalibrasi, diusulkan suatu tarif dengan mempertimbangkan biaya layanan kalibrasi , tarif awal, tarif kompetitor, dan keuntungan yang diinginkan perusahaan.
Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, tarif yang diusulkan menggunakan costbased pricing dan competition-based pricing. Cost-based pricing digunakan jika tarif eksisting kurang dari biaya yang telah dikeluarkan, sedangkan competition-based pricing digunakan jika tarif kompetitior diatas tarif eksisting.
Berdasarkan analisa profitabilitas, tarif yang diusulkan dapat memberikan peningkatan keuntungan bagi PT.NTP. Tarif yang diusulkan menghasilkan peningkatan pendapatan bersih setiap tahunnya dari tahun 2007 sampai dengan 2011 yaitu Rp200,924,960.13, Rp302,019,383.76, Rp394,426,929.42, Rp497,222,979.93, Rp589,994,095.16. Berdasarkan pendapatan bersih tersebut, tarif yang diusulkan memiliki Net Present Value (NPV) sebesar Rp1,082,322,186.02.
layanan kalibrasi dimensi, tarif, alat yang dikalibrasi, biaya kalibrasi

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

Usulan Tarif Layanan Kalibrasi Dimensi Pada PT Nusantara Turbin dan Propulsi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bayu Rachma Febrianita
Perorangan
Farda Hasun, Frans Syukri Djunaidi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini