APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK KONSERVASI KUALITAS AIR SUMUR BAWAH TANAH KOTAMADYA BANDUNG (Studi Kasus: Laboratorium Kebumian – Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Jawa Barat)

AGUSTIN RAHAYU

Informasi Dasar

112020180
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air bawah tanah merupakan salah satu sumber air yang penting bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Bandung. Karena dapat berfungsi sebagai sumber air minum, rekreasi air, perikanan, peternakan ataupun untuk perairan tanaman. Karena itu sangat penting untuk mengetahui kualitas air bawah tanah yang terjadi, sehingga dapat diketahui apakah masih dalam batas wajar atau sudah tidak dapat digunakan lagi dan bagaimana pengelolaan ke depannya terhadap suatu sumur. Jika sudah tidak dapat digunakan, dimana letak kualitas unsur air bawah tanah yang tertinggi sehingga lebih mudah untuk melakukan penanganan.
Tugas akhir ini mengangkat masalah tersebut, yaitu mengenai pengelolaan kualitas air dan pengendalian kualitas khususnya untuk air bawah tanah yang terdapat di kota Bandung. Dalam mengelola kualitas air yang terjadi akibat berbagai jenis industri ataupun perumahan, pemerintah menetapkan suatu ketetapan berupa baku mutu air yang harus dipenuhi oleh setiap sumur air bawah tanah berdasarkan kelas dari masing-masing sumur tersebut. Sistem ini akan membantu dalam pengolahan dan evaluasi data dengan membandingkan hasil pemantauan langsung dengan baku mutu air tersebut untuk memperoleh nilai kualitas air. Kemudian menghasilkan suatu rekomendasi tindakan untuk menindaklanjutinya. Sistem ini memperoleh evaluasi setiap kali sampel diambil, yaitu minimal sebanyak 3 kali pemantauan. Hasil evaluasi akan dilaporkan dalam bentuk tabel, grafik, dan peta lokasi.
Aplikasi ini diharapkan dapat membantu user dalam melakukan pengelolaan kualitas air bawah tanah. baku mutu air, nilai kualitas air, rekomendasi, peta lokasi

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK KONSERVASI KUALITAS AIR SUMUR BAWAH TANAH KOTAMADYA BANDUNG (Studi Kasus: Laboratorium Kebumian – Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUSTIN RAHAYU
Perorangan
AVON BUDIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini