MODEL BISNIS WiMAX UNTUK DAERAH PEDESAAN DI INDONESIA

HENY WULANDARI

Informasi Dasar

112020172
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini bangsa Indonesia masih dihadapkan pada keadaan dimana pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum merata dan masih banyak desa yang belum mempunyai fasilitas telekomunikasi. Pemerintah terus berupaya untuk dapat memberikan layanan komunikasi di daerah pedesaan. Hal ini terbukti dengan didirikannya telecenter (tempat mengakses internet) di beberapa pedesaan di Indonesia. Sedangkan dalam hal ini teknologi WiMAX dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam membangun fasilitas telekomunikasi di daerah pedesaan. Pada tahun 2015, seluruh desa, sekolah dan perguruan tinggi, rumah sakit, serta kantor-kantor pemerintahan, sudah terhubung dalam jaringan komunikasi dan informasi. Amanah ini yang harus diemban pemerintah sebagai hasil kesepakatan World Summit on Information Society (WSIS), Desember 2003, di Jenewa.
WiMAX merupakan salah satu teknologi akses wireless pita lebar yang dapat digunakan untuk menyediakan layanan akses internet di daerah yang masih terbatas jaringan wireline. Sedangkan model bisnis WiMAX diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pemerintah untuk mengimplementasikan WiMAX di daerah pedesaan.
Berdasarkan perhitungan penilaian rencana investasi maka proyek ini tidak layak untuk diimplementasikan, karena proyek ini memiliki nilai NPV sebesar Rp (13.945.169.515,06), nilai IRR sebesar 1.65 %, dan PBP lebih dari 5 tahun. Sehingga jika pemerintah berkeinginan untuk mengimplementasikan WiMAX di pedesaan maka subsidi yang harus dikeluarkan pemerintah adalah sebesar Rp 29.781.046.732,72.
Hasil analisis ini digunakan sebagai gambaran (cetak biru) bagi pemerintah dan operatoroperator telekomunikasi untuk mengimplementasikan WiMAX di daerah pedesaan. WiMAX, Model Bisnis, pedesaan

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

MODEL BISNIS WiMAX UNTUK DAERAH PEDESAAN DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENY WULANDARI
Perorangan
FARDA HASUN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini