usulan perbaikan penerapan transkrip aktivitas kemahasiswaan (TAK)berdasarkan hasil pengukuran persepsi mahasiswa mengenai penerapan TAK terhadap pengembangan softskill di institut teknologi telkom

Tamba Tarsaoran Sirait

Informasi Dasar

112020154
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Softskill merupakan elemen penting dalam dunia kerja, selain dari hardskill. Berbagai upaya dilakukan kalangan universitas maupun institut untuk meningkatkan softskill mahasiswa dalam menyongsong era persaingan yang ketat dalam mencari lapangan kerja. Institut Teknologi Telkom salah satu perguruan Tinggi di indonesia yang mengemban tugas untuk mencetak mahasiswa yang memiliki hardskill dan juga yang lebih penting yaitu softskill. Salah satu usaha yang dilakukan oleh institusi dalam mengembangkan softkill mahasiswa adalah dengan menerapkan Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan (TAK). TAK adalah suatu ukuran aktivitas ekstra/intra/ko-kurikuler mahasiswa, sebagai salah satu bentuk penghargan yang berhak diperoleh mahasiwa berdasarkan aktivitasnya.
Dalam beberapa tahun terakhir ini TAK menjadi satu ukuran peningkatan softskill mahasiswa IT Telkom. Hal ini dapat dimengerti karena kompetisi tidak lagi hanya mengandalkan hardskill, tetapi juga harus didukung dengan softskill yang baik dengan memanfaatkan organisasi yang diminati secara optimal dan fasilitas di kampus IT Telkom.
Dari latar belakang tersebut, penelitian ini mengkaji pengukuran persepsi mahasiswa mengenai penerapan TAK terhadap pengembangan softskill yang diterapkan di Institut Teknologi Telkom. Dari penelitian terdahulu survey oleh National Association of Colleges and Employers, USA, 2002 (disurvei dari 457 pimpinan) terdapat dua puluh elemen softskill yang dianggap sebagai indikator dalam penilaian persepsi yaitu 1. Kemampuan Komunikasi, 2. Kejujuran/Integritas, 3. Kemampuan Bekerja Sama, 4. Kemampuan Interpersonal, 5. Beretika, 6. Motivasi/inisiatif, 7. Kemampuan beradaptasi, 8. Daya analitik, 9. Kemampuan komputer, 10. Kemampuan Berorganisasi, 11. Berorientasi Pada Detail, 12. Kepemimpinan, 13. Kepercayaan diri, 14. Ramah, 15. Sopan, 16. Bijaksana, 17. Indeks Prestasi >= 3.00, 18. Kreatif, 19. Humoris, 20. Kemampuan berwirausaha. Pengukuran ini diawali dengan mengetahui respon atau tanggapan mahasiswa tentang penerapan TAK di kampus IT Telkom melalui penyebaran angket sebanyak kepada + 100 mahasiswa. Angket itu berisi satu pertanyaan tiga respon yaitu, setuju/menerima, agak setuju/ menerima, tidak setuju. Hal selanjutnya, peneliti melakukan pembagian kuisioner dengan dua puluh elemen softskill yang dianggap sebagai indikator dalam pengukuran persepsi kepada 150 responden..
Dari hasil pengolahan data diperoleh persepsi mahasiswa mengenai penerapan TAK terhadap pengembangan softskill memiliki rataan sebesar 2.91 dengan item setuju artinya mahasiswa merasa mengalami peningkatan softskill yang sedang melalui Penerapan TAK karena nilai rataan mendekati nilai tiga (3) /setuju. TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan), persepsi, softskill.

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

usulan perbaikan penerapan transkrip aktivitas kemahasiswaan (TAK)berdasarkan hasil pengukuran persepsi mahasiswa mengenai penerapan TAK terhadap pengembangan softskill di institut teknologi telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tamba Tarsaoran Sirait
Perorangan
Budi Praptono, Marina Yustiana Lubis
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini