PENGUKURAN PERFORMANSI PROSES BISNIS INTERNAL PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD UNTUK CV ARGINA TECHNOLOGY

POLMA ULI T SINAGA

Informasi Dasar

112020146
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Argina Technology adalah perusahaan manufaktur yang terutama bergerak dalam usaha pembuatan spare part mesin berdasarkan pemesanan. Selain itu, CV Argina Technology juga menyediakan jasa dalam hal Engineering Design, Tooling Engineering, Precision Machine Parts, Processing Machinery, dan CNC Machine Tool Service. CV Argina Technology berdiri pada tanggal 23 November 2000. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi ukuran keberhasilan yang mampu merepresentasikan performansi proses bisnis perusahaan dan mengukur performansi proses bisnis tersebut.
Metoda pengukuran performansi proses bisnis perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard mampu menterjemahkan visi, misi dan strategi organisasi ke dalam tujuan pengukuran indikator yang seimbang. Pengukuran performansi proses bisnis internal CV Argina Technology dilakukan setelah sistem pengukurannya dirancang terlebih dahulu. Proses perancangan ini melalui tahapan, yaitu : wawancara, diskusi, identifikasi ukuran keberhasilan, dan pembobotan ukuran keberhasilan, kemudian analisa hasil pengukuran.
Evaluasi performansi proses bisnis internal CV Argina Technology menghasilkan 30 indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap performansi proses bisnis internal perusahaan. Besarnya pengaruh indikator tersebut bergantung pada besarnya bobot indikator tersebut. Indikator tiap proses beserta bobotnya adalah sebagai berikut :
Proses Inovasi (41,04%) : Ketepatan data-data ukuran dan proses untuk setiap operasi (3,03%), Mekanisme sistem terkoordinasi dengan baik (10,79%), Ketepatan Data dari Bagian Engineering (12,66%), Ketepatan Data dari Bagian PPC (15,17%), Ketepatan Data dari Bagian Tool (16,43%), Waktu penyelesaian pembuatan kontrak kerja setelah terjadi kesepakatan (18,00%),Ketepatan Data dari Bagian Produksi (23,93%)
Proses Operasi (36,42%) : Prosentase penyelesaian proses repair produk (1,13%), Prosentase produk repair (1,17%), Tingkat kesiapan mesin (1,20%), Prosentase produk reject (1,23%), Service level consumable sparepart mesin (1,53%), Prosentase penyimpangan tool setter & programmer (1,55%), Prosentase penyimpangan actual dimensi produk (1,73%), Service level permesinan (1,95%), Waktu pelaksanaan On job training operator yang dijadwalkan (2,21%), Prosentase bahan sesuai waktu standart produksi (Pra produksi) (2,93%),Turn around time produksi (3,48%), Prosentase kerusakan produk saat pengiriman (3,93%), Prosentase pengiriman tepat waktu (6,39%), Prosentase kebutuhan tools & fixture untuk produksi (11,09%), Ketepatan waktu Plan Progress Produksi (57,88%)
Proses Layanan Purna Jual (22,54%) : Jumlah complaint customer ke-2 kalinya (2,80%), Jumlah complaint customer (5,82%), Waktu penanganan complaint (8,39%), Ketepatan waktu penyerahan laporan periodik sesuai kontrak (17,52%), Ketepatan waktu pembayaran (57,06%).

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PENGUKURAN PERFORMANSI PROSES BISNIS INTERNAL PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD UNTUK CV ARGINA TECHNOLOGY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

POLMA ULI T SINAGA
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini