PERANCANGAN PENGEMBANGAN PROGRAM ACARA LEPAS MALAM TRANS TV DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

ERIKA PRAVITASARI

Informasi Dasar

112020109
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan pesat di dunia pertelevisian saat ini telah membuat perusahaan televisi untuk berlomba-lomba meraih khalayaknya. Perusahaan televisi harus mampu meraih sejumlah pemirsa melalui program-program acara andalannya untuk menghadapi situasi yang begitu kompetitif ini, karena pemirsa merupakan salah satu aset berharga bagi televisi, khususnya televisi swasta. Dengan banyaknya pemirsa suatu program, tentunya akan mendatangkan pemasang iklan untuk menggunakan jasa televisi tersebut dalam penyampaian produknya. Pemeliharaan aset ini dilakukan salah satunya dengan cara membentuk program siaran yang sesuai dengan format dan sasaran yang dituju. Salah satu program acara dari Trans TV adalah program acara Lepas Malam. Acara talk show dan interview ini dirasa masih belum banyak diminati pemirsa. Untuk itu, pihak produksi dan tim kreatif dari Trans TV perlu mencari cara agar episode selanjutnya dari tayangan acara ini menjadi semakin diminati dan dinanti pemirsa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perancangan produk ini adalah Quality Function Deployment, dimana perancangan dilakukan secara integratif dengan melibatkan pemirsa dan kemampuan perusahaan.
Supaya program acara yang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemirsa, maka sebaiknya dilakukan penelitian pasar lebih dulu. Berdasarkan wawancara kepada para pemirsa setia didapatkan 10 atribut kebutuhan akan program acara talkshow malam. Atribut kebutuhan itu kemudian dikelompokkan ke dalam tree diagram sesuai dengan kedekatan sifat yang dimilikinya, kemudian dicari berapa tingkat kepentingan dari masing-masing atribut tersebut dengan menggunakan metode WAP. Nilai-nilai itu yang akan menjadi masukan pada matriks House of Quality. Tahap berikutnya yaitu penentuan karakteristik teknis, berdasarkan penelitian didapatkan 11 aspek teknis dari program acara talkshow malam.
Dari matriks HOQ akan didapat bobot-bobot tertinggi atas atribut kebutuhan dan karakteristik teknis. Atribut kebutuhan yang diperoleh merupakan atribut yang harus diperhatikan oleh tim produksi dan diupayakan untuk meningkatkan nilai performansinya. Sedangkan karakteristik teknis yang mendapat prioritas tertinggi didapat dari karakteristik teknis yang memberikan kontribusi terbesar bagi perusahaan.
Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada tim produksi Trans TV untuk pengembangan program acara Lepas Malam. Dengan adanya pengembangan ini diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi pemirsa Trans TV dalam menikmati acara Lepas Malam

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PERANCANGAN PENGEMBANGAN PROGRAM ACARA LEPAS MALAM TRANS TV DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERIKA PRAVITASARI
Perorangan
DONI ERLANGGA, WIYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini