PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN DATA PELANGGAN SEBAGAI ALAT PENDUKUNG PENGELOLAAN PELANGGAN PT ROYAL ABADI SEJAHTERA

INDRA RUSMANTO PARSAULIAN

Informasi Dasar

112020064
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Strategi kampanye pemasaran yang menjanjikan pertambahan pelanggan dan peningkatan keuntungan sudah dilakukan perusahaanperusahaan sejak lama. Namun, banyak dari perusahaanperusahaan tersebut yang tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Sebaliknya, dana yang harus disiapkan perusahaan untuk kampanye pemasaran sangat besar. Walaupun kampanye pemasaran telah dilakukan berulangulang kali, belum tentu program tersebut dapat menarik perhatian pelanggan. Ironisnya hal ini justru dapat berpengaruh dalam menyebabkan ketidakpuasan pelanggan secara epidemis.

Alihalih memilih pelanggan yang baik untuk kampanye pemasaran, lebih baikmemilih cara berkampanye yang baik untuk setiap pelanggan. Dengan memahami kebutuhan dan pilihan setiap pelanggan dalam bertransaksi, perusahaan dapat mencapai target penawaran yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Secara praktis, untuk memahami halhal tersebut, perusahaan membutuhkan informasi yang mendalam tentang pelanggan dan prospek terciptanya hubungan yang baik antara pelanggan dengan perusahaan.

Aplikasi Manajemen Data Pelanggan merupakan suatu alat yang dapat membantu menyimpan dan menampilkan datadata pelanggan perusahaan. Datadata yang diperlukan antara lain : data profil pelanggan, data transaksi, dan komplain pelanggan. Perangkat yang diperlukan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Apache Web Server, dan MySQL sebagai pengolah
database Aplikasi Manajemen Data Pelanggan yang dirancang dapat mencatat dan menampilkan datadata pelanggan berupa data profil pelanggan, data transaksi, dan komplain pelanggan. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai pertambahan jumlah pelanggan perusahaan, pertambahan transaksi dan harapan pelanggan terhadap produk perusahaan. Dari hasil pengolahan datadata tersebut, perusahaan melalui manajemen dapat mengambil kebijakan sesuai informasi yang ditampilkan.

Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alat bantu yang mendukung perusahaan mendistribusikan informasi ke pegawai dan manajemen perusahaan. Sehingga pegawai dan manajemen dapat : (1) Mengenali siapa saja pelanggan perusahaan, (2) Mengetahui harapan konsumen, dan (3) Mendapatkan informasi pertambahan pelanggan dan transaksi pelanggan dengan perusahaan. Namun untuk keputusan akhir dalam menentukan kebijakan berdasarkan datadata tersebut diperlukan pertimbangan yang matang dari pihak manajemen. Dan untuk menampilkan data dari database digunakan web browser.

Manajemen Data Pelanggan, Pengenalan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN DATA PELANGGAN SEBAGAI ALAT PENDUKUNG PENGELOLAAN PELANGGAN PT ROYAL ABADI SEJAHTERA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA RUSMANTO PARSAULIAN
Perorangan
BUDHI YOGASWARA,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini