PERNACANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN SLOT IKLAN DENGAN METODE TERSTRUKTUR DI STASIUN TELEVISI TPI

ARIS DANANG ADRIANTO

Informasi Dasar

112020060
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sebagai salah satu pionir stasiun televisi swasta di Indonesia yang menjangkau kurang lebih 140 juta pemirsa di seluruh Indonesia (sumber : http://tpi.tv). Dibawah pimpinan jajaran direksi yang berpengalaman di bidang pertelevisian, kurang lebih 700 orang karyawan TPI berusaha keras untuk mempersembahkan yang terbaik demi kepuasan pemirsa dalam menyuguhkan hiburan terbaik bagi pemirsanya. Demi menyuguhkan acara-acara dibutuhkan sebuah budget agar dapat melaksanakan programprogram acara itu. Salah satu sumber budget itu adalah iklan, karena iklan merupakan salah satu pemasukan terbesar stasiun televisi dan pemasukkan iklan didapat dari client atau advertiser agency yang akan memasarkan produk atau jasa mereka. Saat mencari pemasang iklan, account executive televisi akan melakukan penawaran ke advertiser agency disertai Rate Card ( rating acara dan share audience suatu acara ) dan order media yang ditawarkan. Setelah itu Client akan membeli kira-kira berapa slot yang akan dibeli dan AE akan melakukan Placement Order atau penempatan paket iklan pada suatu program acara berdasarkan slot yang telah dibeli oleh pihak klien.
Kompleksnya mekanisme dalam proses ini dimana AE harus mencari dan menawarkan Rate Card serta order media kepada pihak pemasang iklan, sehingga banyak menghabiskan waktu dan biaya untuk AE. Sedangkan bagi pihak pemasang iklan cara seperti ini bisa memakan proses yang lama sehingga menyebabkan butuh waktu yang cukup lama agar proses kesepakatan pemasangan iklan tercapai. Berangkat dari masalah di atas maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang terintegrasi antara Account Executive TPI dan Advertiser sehingga akan memberikan kemudahan kepada kedua pihak. Sistem ini bertujuan untuk memberikan sistem informasi yang dapat mengurangi cost (biaya dan waktu) baik bagi Account Executive maupun Advertising Agency sebelum dan saat proses transaksi berlangsung.
Data yang digunakan pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara karyawan divisi account executive dari Department sales stasiun televisi TPI , yang menyangkut masalah/kendala pada sistem lama dan informasi mengenai kebutuhan informasi yang diperlukan pada sistem usulan, sedangkan data lain didapatkan dengan mengumpulkan dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus dan literatur pustaka. Pengembangan perangkat lunak pada perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur, aplikasi perancangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) yang didukung database MySQL pada Operating System Windows.
Berdasarkan proses eksisting dimana account executive selalu mendatangi advertiser agency untuk proses transaksi order media, sehingga banyak waktu yang terbuang hanya untuk mencapai kesepakatan order media antar kedua pihak .Sehingga perlu perancangan sistem untuk komunikasi antara account executive dengan advertiser agency agar dapat mempermudah dan memperlancar proses transaksi . Pada hasil analisis didapatkan proses transaksi order media menjadi lebih mudah karena sistem memberikan kemudahan-kemudahan untuk melakukan komunikasi. Kata Kunci : Stasiun TV, Slot, Iklan, Account Executive, Advertiser Agency, Rate Card, Order Media Stasiun TV, Slot, Iklan, Account Executive, Advertiser Agency, Rate Card, Order

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PERNACANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN SLOT IKLAN DENGAN METODE TERSTRUKTUR DI STASIUN TELEVISI TPI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIS DANANG ADRIANTO
Perorangan
CHRISTANTO TRIWIBISONO, MURAHARTAWATTY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini