PERANCANGAN SIMULASI BISNIS PENDISTRIBUSIAN PRODUK SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

AGUS SETIAWAN

Informasi Dasar

112020057
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan belajar pada perkuliahan bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang ilmu pengetahuan sesuai ilmu yang bersangkutan. Selain pemahaman teori mahasiswa juga dituntut untuk dapat melakukan penerapan teori yang diperoleh ke dalam dunia nyata. Untuk menjadi seorang sarjana Teknik Industri, dibutuhkan pengetahuan mengenai Manajemen Logistik khususnya dalam bidang Supply Chain Management. Mahasiswa harus bisa mengidentifikasi masalah dan mencari solusi dalam mengatur supply chain baik secara teori maupun aplikasi dunia nyata.
Untuk melakukan aplikasi kedalam dunia nyata bagi seorang mahasiswa memang sangat membutuhkan banyak biaya dan resiko yang cukup besar. Sedangkan latihan pengaplikasian itu mutlak diperlukan agar mahasiswa dapat menerapkan teori yang sudah didapatkan di perkuliahan dan sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam mengambil sebuah keputusan dalam memecahakan suatu permasalahan. Untuk itu dalam penelitian ini akan merancang sebuah model simulasi bisnis pendistribusian produk yang disesuaikan dengan sistem dunia nyata.
Simulasi bisnis ini menggambarkan sebuah persaingan dari tiga perusahaan distributor dalam melakukan pendistribusian produk atau dalam hal ini adalah menentukan rantai pasokan ( supply chain ) dari perusahaan ke gudang, dan dari gudang ke retailer. Perusahaan peserta simulasi harus melakukan pengambilan keputusan Supply Chain Management untuk memperoleh efisiensi rantai pasokan sehingga dapat menekan harga penjualan dan akibatnya akan memenangkan pasar.
Tujuan akhir dari simulasi ini adalah ingin mengetahui perusahaan distributor mana yang mempunyai profit paling tinggi, dan nantinya perusahaan itu yang akan menjadi pemenang dalam simulasi bisnis ini. model simulasi, supply chain management

Subjek

PRODUCT
 

Katalog

PERANCANGAN SIMULASI BISNIS PENDISTRIBUSIAN PRODUK SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUS SETIAWAN
Perorangan
HARIS RACHMAT, RD ROHMAT SAEDUDIN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini