PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRODUKSI DEPT. CABINET PT PANGGUNG ELECTRIC CORPORATION

RANI RAGILLIA SARI

Informasi Dasar

112020044
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Karakteristik produksi diskrit pada Dept. Cabinet, salah satu product line yang ada di PT Panggung Electric Corporation dengan struktur produk rumit dengan banyak komponen, suatu lingkungan dinamis, dan volume produksi yang besar, termasuk sejumlah besar komponen yang berbeda, menyebabkan kesulitan dalam mengendalikan produksi, akibatnya, produksi aktual sering tak sejalan dengan produksi yang dijadwalkan, dengan nilai standar deviasi sebesar 917 atau sekitar 80,93 % per minggu. Sistem informasi eksisting yang masih semi manual dengan menggunakan Microsoft Excel dinilai belum mampu menangani persoalan-persoalan tersebut, oleh karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang model sistem informasi penjadwalan produksi dan mengembangkannya ke dalam bentuk aplikasi perangkat lunak dengan menyediakan data- data yang aktual, akurat, dan lengkap mengenai struktur produk, kondisi produksi, status produksi, dan kebutuhan informasi user lainnya, sehingga dapat mendukung proses penjadwalan produksi dan mudah diakses oleh berbagai pihak.
Dalam membuat Sistem Informasi Penjadwalan Produksi, ada beberapa hal yang dilakukan dalam pemecahan masalah diatas yang secara garis besar terbagi ke dalam beberapa tahapan antara lain tahap perumusan masalah dan penentuan tujuan penelitian, studi pustaka dan studi objek penelitian, analisis sistem, perancangan sistem, pengembangan perangkat lunak, dan tahap analisis serta kesimpulan dan saran.
Melalui analisis sistem dapat diperoleh kebutuhan sistem yang nantinya akan dituangkan pada konsep sistem informasi baru. Setelah itu, dapat dilakukan perancangan sistem yang dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan Microsoft Access sebagai database. Selanjutnya, dilakukan pengujian dan analisis hasil perancangan untuk mengetahui kehandalan sistem informasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan, yaitu hasil perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi mampu mendukung proses penjadwalan produksi dengan menyediakan data aktual, akurat, dan lengkap mengenai struktur produk, kondisi produksi, status produksi, dan kebutuhan informasi user lainnya dan mudah diakses berbagai pihak. Sistem Informasi, Penjadwalan, Sistem Produksi

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PRODUKSI DEPT. CABINET PT PANGGUNG ELECTRIC CORPORATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANI RAGILLIA SARI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini