PENGEMBANGAN PRODUK RECTIFIER PT INTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

LUH PUTU DIAN WAHYUNDARI

Informasi Dasar

112020042
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perangkat catu daya merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki oleh perusahaan industri telekomunikasi. Tanpa adanya perangkat catu daya yang dalam hal ini sering disebut sebagai rectifier maka peralatan telekomunikasi tidak akan bisa berjalan. PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan produk rectifier sejak tahun 2000.
Metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk perancangan dan pengembangan produk rectifier PT INTI yang dapat menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik teknis dan critical part yang mampu memenuhi produk tersebut. Pada penelitian ini, metode QFD dilakukan sampai pada Iterasi 2: Matriks House of Quality dan Matriks Part Deployment.
Untuk mendefinisikan atribut kebutuhan dilakukan wawancara kepada pelanggan produk rectifier PT INTI. Berdasarkan wawancara yang dilakukan maka didapat 28 atribut kebutuhan yang selanjutnya akan dilakukan pengolompokan dengan menggunakan tree diagram. Pengelompokan dilakukan berdasarkan 3 komponen produk, yaitu produk inti, produk pengemas, dan produk layanan pendukung. Atribut kebutuhan yang telah diperoleh tersebut kemudian dihitung bobot performance dan importance-nya, dengan menggunakan metode Weight Average Performance (WAP).
Pada QFD iterasi 1, diperoleh 22 karakteristik teknis yang selanjutnya akan dijadikan sebagai inputan dalam QFD iterasi 2 yaitu matriks part deployment yang terdiri atas critical part yang merupakan rincian dari karakteristik teknis. Terdapat 32 critical part yang akan menghasilkan target desain proses untuk pengembangan produk rectifier PT INTI. Dari hasil penelitian, diperoleh 10 nilai raw weight tertinggi yang akan dijadikan prioritas utama dalam pengembangan produk rectifier PT INTI : sistem yang memenuhi standarisasi atau regulasi, kemampuan untuk diintegrasi, range tegangan, kemudahan dalam pemeliharan, desain sistem yang fleksibel, kemudahan pengoperasian, terdapat label, merk, tipe, dan pabrik pembuat, sistem kontrol secara keseluruhan, controller display, dan harga.
Hasil dari penelitian ini akan dijadikan sebagai rekomendasi bagi PT INTI untuk dapat melakukan pengembangan produknya sehingga dapat meningkatkan kualitasnya agar dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik calon pelanggan baru.

Subjek

PRODUCT
 

Katalog

PENGEMBANGAN PRODUK RECTIFIER PT INTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUH PUTU DIAN WAHYUNDARI
Perorangan
SRI WIDANINGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini