SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKUNTANSI PERGURUAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG DI KOTA PADANG

NATHALEO MICHEL APON

Informasi Dasar

112020036
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Indonesia yang terletak di Sumatara Bagian Barat. Perguruan Diniyyah Putri Padang Panjang yang lebih dikenal dengan sebutan PDP3 ini, merupakan lembaga pendidikan yang berbasiskan agama islam yang sistem pengajarannya hampir sama dengan pendidikan di pondok pesantren dan hanya mengajar untuk gender wanita saja. Di PDP3 ini juga mempunyai tingkatan pendidikan yang bebeda - beda, yakni terdiri dari Taman Kanak - kanak Islam (TKI) setara dengan TK, Madrasah Ibtidaiyyah (MI) setara dengan SD, Diniyyah Menengah Pertama (DMP) setara dengan SMP, Kuliyatul Mualimmat El Islamiyyah (KMI) setara dengan SMA, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT) setara dengan Perguruan Tinggi. Salah satu bagaian yang penting di PDP3 yaitu bidang keuangan, bagian ini berperan dalam mencatat semua kegiatan transaksi baik dana yang dikeluarkan ataupun dana yang didapat oleh PDP3. Setelah itu diolah yang kemudian hasilnya berupa laporan keuangan. Dari laporan keuangan ini menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pengguna dalam pengambilan keputusan keputusan.
Untuk proses pembuatan laporan keuangananya PDP3 masih menggunakan metode manual, yakni setiap unit pengajaran mencatat semua transaksi yang kemudian direkap ke dalam jurnal unit masing – masing. Setelah itu di serahkan kepada pihak perguruan yang nantinya akan dijadikan satu dengan transaksi perguruan ke dalam jurnal umum perguruan. Kemudian proses selanjutnya pembuatan buku besar, neraca lajur, laporan neraca, laporan rugi/laba, dan terakhir laporan arus kas. Apabila dari unit belum menyerahkan jurnal karena banyaknya data transaksi yang harus dimasukan kedalam jurnal, maka perguruan tidak dapat melakukan proses berikutnya dan harus menunggu unit menyelesaikan jurnalna. Setelah itu juga masih mengalami kendala karena dalam proses pembuatan laporan keuangannya, perguruan masih harus menyusun laporan keuangannya menggunakan software Microsoft exel, sehingga proses pembuatan laporannya memakan waktu yang cukup lama. Berangkat dari masalah di atas maka dibutuhkan suatu sistem informasi manajemen akuntansi yang terintegrasi antara unit pengajaran dan perguruan sehingga memberikan kemudahan bagi kedua pihak. Sistem ini bertujuan membuat laporan keuangan yang tersetruktur yang sesuai dengan PDP3 dan untuk mengurangi waktu dalam pembuatan laporan keuangan sehingga lebih cepat.
Data yang digunakan pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara karyawan divisi keuangan dari Department keuangan dan personalia PDP3 , yang menyangkut dalam permasalah pada sistem lama dan informasi mengenai kebutuhan informasi yang diperlukan pada sistem usulan, sedangkan data lain didapatkan dengan mengumpulkan dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus dan literatur pustaka. Pengembangan perangkat lunak pada perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur, aplikasi perancangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman Delphi yang didukung database MySQL pada Operating System Windows.
Perguruan PDP3, Laporan keuangan, Sistem informasi, Akuntansi.

Subjek

Information system management
 

Katalog

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKUNTANSI PERGURUAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG DI KOTA PADANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NATHALEO MICHEL APON
Perorangan
BUDI PRAPTONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini