Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Logistik Berbasis Web

Ambrosius Emanuel Rato

Informasi Dasar

112020030
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Marktel merupakan suatu perusahaan yang memproduksi barang (produk yang menjadi andalan PT Marktel adalah berupa perangkat traffic light.), jadi fungsi utamanya adalah bagian produksi. Akan tetapi, bagian ini tidak dapat berdiri sendiri dan sangat bergantung pada bagian-bagian lain di dalam perusahaan. Bagian yang berhubungan langsung dengan produksi dan merupakan pendukung utama Bagian Produksi adalah Bagian Logistik. Permintaan pelanggan yang selalu berubah-ubah menyulitkan pihak logistik dalam proses pelayanannya karena pengadaan/pengiriman material memerlukan waktu yang relatif lama (untuk pengadaan material memerlukan persetujuan dari bagian finansial sehingga memerlukan waktu untuk permohonan persetujuan pengadaan material). Disamping itu rendahnya tingkat pelayanan logistik menyulitkan untuk melakukan proses produksi, kerena tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, sehingga seringkali lead time yang diinginkan oleh konsumen tidak terpenuhi. Masih digunakannya form-form manual dalam penginputan data kelogistikan membutuhkan waktu yang relatif lama. Di sisi lain belum adanya suatu perangkat aplikatif yang mereprentasikan kejadian nyata di lapangan yang dapat melakuakan proses update data secara cepat, dan akurat, seringkali merepotkan pihak manajemen ketika memerlukan data secara cepat dan up to date untuk membuat kebijakan-kebijakan logistik secara akurat dan sesuai kebutuhan.
Berangkat dari masalah di atas maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat terakomodasi dengan baik sehingga akan memberikan kemudahan kepada pihak-pihak di bagian logistik atau yang berkatian dengan logistik. Sistem informasi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang dapat menambah produktifitas kerja (efisiensi) bagi pihak-pihak yang terkait dengan aktivitas logistik. Disamping itu penggunaan sistim informasi dapat digunakan oleh pihak manajerial untuk memberikan kebijakan logistik sehingga kualitas layanan logistik dapat ditingkatkan.
Data yang digunakan pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara karyawan, dan dengan mengumpulkan dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus ataupun literatur pustaka. Perancangan program aplikasi pada perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur, program aplikasi sistem informasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) yang didukung database MySQL pada Operating System Windows.
Berdasarkan hasil perancangan dan analis aplikasi sistem informasi ini diperoleh adanya peningkatan efisiensi kerja dari segi waktu, pelaksanaan pengisian form pada aplikasi web lebih mudah dan cepat, selain itu pihak manajemen juga dapat memberikan kebijakan-kebijakan logistik secara cepat dari report kegiatan logistik yang ada tanpa perlu lagi memita laporan dari tiap-tiap bagian logstik ataupun bagian lain yang berhubungan dengan logistik. Logistik, Perancangan Sisitem Informasi Logistik, Aplikasi Logistik Berbasis Web

Subjek

LOGISTICS
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Logistik Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ambrosius Emanuel Rato
Perorangan
Budi Sulistyo, Budi Sulistyo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  Rating 23 June, 2017
armanrato@email.com – Maijo Lambo
Great...
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
1 dari 1 (100%) orang menyetujui ulasan ini membantu.
  Rating 23 June, 2017
armanrato@email.com – Maijo Lambo
Great...
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
1 dari 2 (50%) orang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini