PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI BERBASIS WEB DI PT SOMAGEDE PERKASA JAKARTA

DIAN HIDAYANTI

Informasi Dasar

112020006
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingkat kebutuhan akan barang-barang yang semakin tinggi, baik kebutuhan masyarakat sebagai individu dan kebutuhan perusahaan untuk kegiatan industri mengharuskan PT. Somagede Perkasa sebagai distributor dapat cepat dan selalu tanggap dalam melayani kebutuhan konsumennya. PT. Somagede Perkasa yang berkantor pusat di Jakarta memiliki 4 cabang yang tersebar di kota-kota besar, yaitu Cikarang, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya yang tersebar di suluruh Pulau Jawa, penting bagi sebuah kantor cabang untuk dapat mengetahui kondisi stok inventori yang ada pada kantor pusat. Kondisi saat ini, kantor cabang tidak dapat mengetahui jumlah stok yang ada pada kantor pusat. Hal ini merupakan salah satu hambatan PT. Somagede Perkasa dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu dalam tugas akhir ini penulis mencoba merancang suatu Sistem Informasi dengan basis data dan merancang interface yang menunjang untuk input sales order, cetak delivery order, purchase order sampai pada pelaporan data dengan kemudahan diakses secara online, cepat, tepat, akurat, dan keamanan data terjamin.
Dalam membuat Sistem Informasi Manajemen Inventori Berbasis Web di PT. Somagede Perkasa Jakarta ini ada beberapa hal yang dilakukan dalam pemecahan masalah yang secara garis besar terbagi ke dalam empat tahapan antara lain tahap pendahuluan, tahap analisis sistem, tahap perancangan sistem, dan tahap implementasi sistem.
Data primer pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara, baik itu menyangkut kendala pada sistem lama maupun kebutuhan informasi terhadap sistem baru. Data sekunder didapat dengan mengumpulkan dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus. Pada pengembangan perangkat lunak, aplikasi menggunakan bahasa pemograman PHP yang didukung database MySQL. Dengan kehandalan perangkat lunak dan aplikasi sistem informasi, kebutuhan user terutama dalam hal kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan keamanan data, dapat terpenuhi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan, hasil perancangan sistem informasi berbasi web ini mampu memonitor posisi stock pada kantor pusat, mampu mencatat keluar masuk barang dan memberikan kemudahan dalam menjalankan proses yang terjadi antar user, dengan kemampuan dapat diakses secara online melalui jaringan intranet maupun internet. Sistem Informasi berbasis web, stock inventori, pesanan (order)

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI BERBASIS WEB DI PT SOMAGEDE PERKASA JAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN HIDAYANTI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini