PERANCANGAN APLIKASI PENGIRIMAN BERKAS LAPORAN OPERASIONAL MENGGUNAKAN GSM / GPRS MODEM DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII BANDUNG

DIMAS ADITYA KURNIAWAN

Informasi Dasar

112020004
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan merupakan salah satu bagian penting di dalam mekanisme pemantauan atau pengawasan pada suatu organisasi. Di dalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan yang memiliki cabang atau unit bisnis di bawahnya, mekanisme pelaporan seringkali harus dilakukan dari satu kantor ke kantor yang lain, misalnya dari kantor cabang ke kantor pusat. Bentuk pelaporan seperti ini tentunya memerlukan kegiatan pengiriman agar laporan laporan tersebut sampai di kantor yang berwenang untuk menerima laporan. PT. Perkebunan Nusantara VIII yang membawahi 29 perkebunan dan pabrik pengolahan menerapkan mekanisme pelaporan rutin yang harus dilakukan oleh seluruh perkebunan dan pabrik pengolahan kepada kantor pusat ( kantor direksi ). Perkebunan dan pabrik pengolahan tersebut harus mengirimkan berkas laporan operasionalnya ke kantor pusat secara rutin baik itu harian, mingguan, bulanan sampai tahunan. Lokasi perkebunan dan pabrik pengolahan yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Barat menimbulkan beberapa masalah dalam proses pengiriman berkas laporan. Pengiriman berkas laporan yang masih dilakukan melalui transportasi darat memiliki beberapa kelemahan baik dari segi biaya maupun dari segi waktu pengiriman. Untuk itu dalam tugas akhir ini penulis berusaha merancang sebuah aplikasi pengiriman berkas laporan operasional pabrik yang memanfaatkan GSM/GPRS modem. Pemanfaatan GSM/GPRS modem dalam aplikasi ini bertujuan untuk menekan biaya pengiriman serta mempercepat waktu pengiriman.
Tahapan perancangan dalam tugas akhir ini diawali dengan perancangan interface PC ke jaringan GPRS. Untuk menghubungkan PC dengan jaringan GPRS, digunakan perangkat GSM/GPRS modem Fargo Maestro 100. Modem ini dihubungkan ke PC melalui communication port (COM 1). Tahap selanjutnya adalah membuat program untuk aplikasi bagian pengirim. Pemrograman bagian pengirim ini dilakukan dengan menggunakan software Borland Delphi 7. Tahap berikutnya adalah membuat program web yang diletakkan pada bagian server penerima. Pemrograman web ini dilakukan dalam bahasa PHP dan berfungsi untuk menampilkan berkas laporan yang tersimpan dalam server penerima.
Berkas laporan yang dibahas dalam penelitian ini adalah berkas laporan mingguan. Berkas berkas tersebut disimpan dalam format XML untuk memudahkan pengiriman melalui jaringan GPRS. Pengiriman berkas dilakukan pada aplikasi bagian pengirim. Untuk membuka berkas laporan, dilakukan melalui halaman web yang disediakan pada server penerima.
Dari hasil penelitian yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa aplikasi pengiriman berkas laporan dengan memanfaatkan GSM/GPRS modem ini dapat mengirimkan berkas laporan dengan biaya rendah. Kecepatan transfer yang dimiliki jaringan GPRS juga memungkinkan proses pengiriman berkas laporan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Tampilan aplikasi yang dirancang memudahkan pengguna untuk menjalankan fungsi – fungsi yang ada. Selain itu, penyajian laporan dalam bentuk web memungkinkan setiap bagian di kantor pusat dapat mengakses berkas laporan secara online. Pengiriman laporan, GSM/GPRS modem.

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI PENGIRIMAN BERKAS LAPORAN OPERASIONAL MENGGUNAKAN GSM / GPRS MODEM DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS ADITYA KURNIAWAN
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini