EVALUASI KELAYAKAN PROGRAM LAYANAN PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) ONLINE TINGKAT SMUN/SMKN DI KOTAMADYA BANDUNG

VITRI DIAH KUSUMAWATI

Informasi Dasar

112020001
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap tahun pengguna internet semakin meningkat, dan sebagian besar pengguna fasilitas internet tersebut adalah kalangan muda, terutama kalangan SLTP, SLTA, mahasiswa maupun pendidik. Kalangan ini banyak menggunakan fasilitas internet untuk berbagai kepentingan, seperti aktivitas sekolah, kuliah, selling serta aktivitas lainnya. Kemampuan yang telah dimiliki oleh kalangan ini memotivasi pihak Telkom untuk memberikan layanan yang sangat membantu para pengguna internet, khususnya kalangan sekolah. Dan salah satu aktivitas sekolah yang membutuhkan tenaga ekstra serta kemampuan yang efisien, baik secara manual maupun teknik adalah aktivitas Penerimaan Siswa Baru (PSB).
Layanan PSB On-line akan membantu orang tua siswa yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah pilihan satu atau dua. Mereka bisa melihat langsung data pendaftar dan juga hasil seleksi yang diproses secara real time. Dengan media ini, akan mempermudah kedua belah pihak (peserta dan panitia PSB). Selain itu media ini merupakan penghubung antara siswa, guru, orangtua dan pihak yang berkompeten untuk membantu proses setelah pelaksanaan PSB. Sehingga, untuk mengurangi kesalahan pada PT Telkom dalam pengambilan keputusan investasi, diperlukan adanya uji kelayakan bisnis, antara lain dari sisi finansial.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey, alat penelitian berupa kuisioner guna mengetahui berapa pasar sasaran yang akan dilayani oleh PT Telkom. Sample responden adalah siswa SLTP kelas tiga di wilayah Kodya Bandung yang akan mengikuti proses penerimaan siswa baru masuk SMU/SMK/sederajat. Untuk pengujian dari aspek teknis dan finansial digunakan data sekunder yang diperoleh dari PT. Telkom sebagai penyedia infrastruktur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar potensial program layanan PSB Online sebesar 85,78% yang diperoleh berdasarkan tingkat ketertarikan responden terhadap layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan variabel tingkat kemampuan, akses, daya beli terhadap layanan adalah 47,59% dari pasar potensial dan pasar sasaran adalah 30% dari pasar tersedia. Sedangkan hasil dari aspek teknis, PT Telkom hanya melakukan penambahan infrstruktur dari jaringan yang telah ada sebelumnya. Untuk hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka layanan PSB Online ini layak dengan nilai NPV Rp.8.341.188, IRR 26% dan PBP 2,2 tahun. Program PSB Online

Subjek

SERVICE
 

Katalog

EVALUASI KELAYAKAN PROGRAM LAYANAN PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) ONLINE TINGKAT SMUN/SMKN DI KOTAMADYA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VITRI DIAH KUSUMAWATI
Perorangan
FARDA HASUN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini