PENGUKURAN KONTRIBUSI TEKNOLOGI SDH NORTHERN ROUTE DENGAN MENGGUNAKAN METODA TEKNOMETRIK Di Divisi Long Distance Representative Office BANDUNG, Subdiv SKSO & Mux

ROBBY PASKAH HAMONANGAN TINAMBUNAN

Informasi Dasar

112010138
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ledakan kebutuhan bandwidth yang diakibatkan oleh pesatnya pertumbuhan trafik data seperti internet, intranet, dan aplikasi multimedia mendorong terjadinya evolusi yang cukup cepat di sisi teknologi jaringan transport yang dengan cepat memasuki orde Gbit/s bahkan orde Tbit/s. Inovasi di bidang transport ini diterapkan pada teknologi SDH yang berperan dalam konsep NGN (Next Generation Network), dimana dengan kemampuan delivery bandwidth yang besar maka kehandalannya yang diharapkan juga tinggi. Untuk itu tentu dibutuhkan sistem proteksi jaringan transmisi yang handal.
Pada penelitian ini dibahas mengenai model teknometrik dalam mengukur kemampuan teknologi SDH Northern Route pada PT. Telkom khususnya Divisi Long Distance Representative Office Bandung, Subdiv SKSO & Mux.
Teknometrik merupakan model yang dikembangkan oleh UN-ESCAP. Teknomterik membagi teknologi terdiri dari empat komponen, yaitu Technoware (Terminal Multiplexer, Add Drop Multiplexer, Digital Cross Connect dan Regenerator), Humanware (Kadin, Officer-2 dan officer-3), Inforware dan Orgaware). Berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap empat komponen dan item teknologi tersebut, menunjukkan nilai Koefisien Kontribusi (TCC) teknologi SDH Northern Route sebesar 0.691, dimana komponen Inforware memiliki kontribusi terbesar dalam proses total transformasi input-output teknologi ini, yaitu sebesar 0.986. Kontribusi terbesar kedua adalah komponen Orgaware sebesar 0.955 kemudian yang kontribusi terbesar ketiga adalah Humanware sebesar 0.923 dan Technoware sebesar 0.795. Sedangkan untuk intensitas kontribusi, nilai tertinggi berada pada komponen Technoware sebesar 0.487, kemudian disusul oleh komponen Humanware sebesar 0.276, komponen Orgaware sebesar 0.177 dan komponen Inforware sebesar 0.060.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan nilai koefisien kontribusi teknologi SDH Northern Route yang didapatkan, maka PT Telkom khususnya Divisi Long Distance Representative Office Bandung, Subdiv SKSO & Mux hendaknya melakukan usaha-usaha peningkatan kontribusi komponen teknologinya berdasarkan pengaruh perubahan yang paling cepat dan hasil nilai maksimum pada kondisi yang ada dengan urutan prioritas peningkatan yaitu Technoware, Humanware, Orgaware, dan Inforware. Usaha peningkatan kontribusi juga memperhatikan keseimbangan kontribusi setiap komponen teknologi sehingga tercapai kontribusi yang optimal.

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

PENGUKURAN KONTRIBUSI TEKNOLOGI SDH NORTHERN ROUTE DENGAN MENGGUNAKAN METODA TEKNOMETRIK Di Divisi Long Distance Representative Office BANDUNG, Subdiv SKSO & Mux
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROBBY PASKAH HAMONANGAN TINAMBUNAN
Perorangan
Endang Chumaidiyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini