PENYUSUNAN RENCANA BISNIS RUMAH PRODUKSI ISLAM CV. AL AQSHO TARBIYAHTAINMENT

SRI ARUMSARI

Informasi Dasar

112010105
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri film berkembang pesat di Indonesia, hal ini bisa dilihat dengan fenomena maraknya para pelaku bisnis hiburan ini berlomba memproduksi program-program tayangan yang mampu menghipnotis penonton. Perkembangan ini turut menciptakan trend di tengah dinamika sosial masyarakat.Berangkat dari realitas yang ada, media televisi sebagai media yang memiliki penetrasi pasar yang paling besar di tengah masyarakat Indonesia belum mampu mengidealkan perannya dalam membangun masyarakat yang bermoral,berakhlak mulia dan memiliki etos kerja yang baik. CV Al Aqsho Tarbiyahtainment selaku Production House yang menisbatkan visinya menjadi produsen dan penyebar film Islami, perlu mengisi kehampaan sisi-sisi edukatif tersebut dengan berbasis pada nilai-nilai moral universal dan nilai jual seni yang tinggi. Dalam memasuki persaingan bisnis yang ketat dan liar ini, tidak cukup berbekal pada idealisme semata, perusahaan perlu menyusun langkah-langkah perencanaan bisnisnya, yang mencakup aspek pasar, aspek manajemen, serta aspek keuangan. Tugas akhir ini akan menggambarkan bagaimana CV Al Aqsho Tarbiyahtainment ini menyusun perencanaan pada ketiga aspek tersebut, sehingga dapat menjadi masukan positif dan panduan evaluasi bagi perusahaan dalam melaksanakan bisnisnya.
Keseluruhan data yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh perusahaan, kompetitor, BPS Jawa Barat serta sumber lainnya. Perencanaan bisnis terhadap aspek pasar dilakukan dengan mengkaji segmen pasar, pasar sasaran serta mempertimbangkan kondisi persaingan yang ada, serta target demand dalam menyusun strategi pemasaran melalui bauran pemasaran. Pada aspek manajemen mengkaji faktor profil perusahaan dalam menyusun perencanaan manajemen yang meliputi arah kebijakan organisasi dan optimalisasi sdm. Aspek keuangan akan mengkaji seberapa besar proyeksi pendapatan selama tiga tahun usia investasi, serta parameter ekonomi teknik sebagai evaluasi terhadap faktor kelayakkan investasi.
Kajian aspek pasar menunjukkan bahwa tingkat keminatan pasar terhadap sinetron religius tinggi, hal ini diperoleh berdasarkan analisa terhadap perolehan rating dan trend produksi yang berkembang.Evaluasi aspek manajemen menunjukkan bahwa perusahaan perlu membangun unit khusus yang menangani proyek tayangan televisi ini, penempatan dan pengembangan sdm yang dimiliki guna memenuhi targetan perusahaan. Evaluasi aspek finansial menujukkan bahwa investasi pada bisnis tayangan televisi CV.Al Aqsho Tarbiyahtainment ini bisa memberikan keuntungan. Perhitungan finansial secara keseluruhan memberikan hasil berupa nilai NPV sebesar Rp 249.493.646,,IRR sebesar 53 % dan PBP selama 1,86 tahun.
Dengan melihat hasil penelitian yang telah dilakukan maka bisnis ini sangat layak dalam realisasinya. Untuk kedepan perlu adanya pengembangan dalam hal aspek manajemen internal perusahaan untuk mengembangkan pangsa pasar serta efek dakwah yang diharapkan. Perencanaan Bisnis, Tayangan Televisi Dakwah, Pasar, Manajemen, Keuangan.

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

PENYUSUNAN RENCANA BISNIS RUMAH PRODUKSI ISLAM CV. AL AQSHO TARBIYAHTAINMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI ARUMSARI
Perorangan
FARDA HASUN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini