USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PENANGANAN GANGGUAN PT. PLN BANDUNG SELATAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

HENDRA MARWANDI

Informasi Dasar

112010064
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. PLN merupakan perusahaan listrik negara yang memiliki misi berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Untuk mencapai misi tersebut perusahaan harus meningkatkan kualitas layanannya. Dalam Tugas Akhir ini, penulis akan melakukan perbaikan proses bisnis pada bagian layanan penanganan gangguan PT. PLN. Hal ini dikarenakan tidak efektifnya proses bisnis eksisting layanan penanganan gangguan, sehingga memerlukan waktu yang cukup panjang dalam prosesnya.
Dalam melakukan perbaikan proses bisnis, metode yang digunakan adalah Business Process Improvement ( BPI ), yaitu menganalisis setiap sub proses yang ada dalam proses tersebut dan dapat diketahui sub proses mana yang termasuk dalam sub proses kritis. Setiap sub proses dianalisis menggunakan tools yang terdapat dalam BPI, yaitu Streamlining. Dengan menganalisisnya, maka dapat dihasilkan proses bisnis yang efektif dan efisien. Metode BPI juga dapat membantu perusahaan melihat performansi eksisting dengan mengukur efisiensi berdasarkan kategori waktu siklusnya.
Dalam melakukan analisis, maka proses penanganan gangguan tersebut dibagi menjadi tiga proses yaitu : proses perbaikan tetap, perbaikan sementara material tersedia dan perbaikan sementara material tidak tersedia.
Total waktu siklus pada proses bisnis eksisting untuk perbaikan tetap adalah 94.23 menit, perbaikan sementara material tersedia 171.19 menit dan perbaikan sementara material tidak tersedia 147.78 menit.
Setelah dilakukan perbaikan pada proses bisnis eksisting, maka didapatkan waktu siklus usulan yang diberikan kepada pihak PLN, untuk jenis perbaikan tetap 50.00 menit, perbaikan sementara material tersedia 110.00 menit dan perbaikan sementara material tidak tersedia 95.00 menit.

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PENANGANAN GANGGUAN PT. PLN BANDUNG SELATAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRA MARWANDI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini