USULAN PERBAIKAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK BAN RADIAL DI CV CAHAYA AGUNG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA

UKE TRI NUGROHO

Informasi Dasar

112010063
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Cahaya Agung sebagai salah satu perusahaan skala menengah di bidang manufaktur yang memproduksi Ban. CV Cahaya Agung dihadapkan adanya permasalahan mengenai produk yang gagal atau cacat, sehingga tidak sedikit CoPQ yang harus dikeluarkan lagi oleh perusahaan. Oleh sebab itu, CV Cahaya Agung perlu melakukan suatu upaya perbaikan untuk meminimasi produk cacat dengan menemukan dan mengendalikan factorfaktor yang berpengaruh terhadap kualitas produknya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba menggunakan Metode Six Sigma untuk meningkatkan kualitas produk ban yang selama ini sering mengalami cacat dan kerusakan yang terjadi dengan salah satu metode pengendalian kualitas yaitu Six Sigma. Six Sigma merupakan suatu metode pengendalian kualitas yang sistematis, ilmiah dan setiap keputusan didasarkan kepada fakta dan data. Prinsip utama Six Sigma adalah mencapai kesempurnaan (3,4 DPMO). Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam Six Sigma antara lain Define, Measure, Analyze Improve, Control, yang sering disingkat dengan DMAIC, dalam penelitian in pada penelitian hanya dilakukan sampai tahap Improve Dalam tahap Define dilakukan pengamatan proses produksi, melakukam identifikasi Critical To Quality yang akan digunakan sebagai fokus dari penelitian ini, perumusan masalah dan tujuan dari implementasi Six Sigma , serta melakukan pemetaan proses inti tingkat tinggi. Kemudian pada tahap measure dilakukan pengukuran performansi kualitas pada tingkat output dan tingkat proses. Pada tahap Analyze akan dilakukan identifikasi sumber-sumber dan akar penyebab timbulnya masalah kualitas, serta tahap terakhir pada penelitian ini adalah Tahap Improve dimana dibuat suatu rancangan eksperimen dan perancangan strategi untuk meminimasi timbulnya cacat pada produk ban radial.
Nilai kapabilitas sigma dan DPMO yang dihasilkan menunjukkan tingkat performansi perusahaan dalam pengendalian kualitas prosesnya. Hasil ini masih jauh dari tujuan six sigma yang diharapkan mampu menghasilkan 3,4 DPMO dan 6 sigma (zero defect). Sehingga dengan hasil tersebut diperlukan adanya perbaikan yang berkelanjutan dan pengendalian kualitas produk

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK BAN RADIAL DI CV CAHAYA AGUNG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UKE TRI NUGROHO
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini