ANALISIS PEMESANAN PRODUK MODUL SURYA 50 WP DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (STUDI KASUS PT.PETROMAT AGROTECH)

NORNAVITASARI

Informasi Dasar

112000011
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Petromat agrotech yang merupakan perusahaan distributor yang bergerak di dalam bidang penjualan PLTS(Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sering kali memenuhi permintaan konsumen mereka dengan melakukan pemesanan produk ke supplier. Salah satu produk yang sering diorder konsumen yaitu modul surya tipe 50 Wp selain harganya yang terjangkau, modul surya ini dapat memenuhi kebutuhan suplai daya sebesar 50 watt per jam yang pasti cukup untuk pencahayaan dalam rumah tangga.
Sama halnya dengan perusahaan distributor lainnya PT Petromat Agrotech juga memiliki kekhawatiran dalam mengatur persediaanya. Kapan pemesanan dilakukan? Dan berapa kuantitas yang diorder? Perubahan variabel tersebut dapat memberi perubahan terhadap biaya. Economic Order Quantity atau EOQ, Model yang dapat merepresentasikan kuantitas pesanan optimal yang dapat meminimasi total biaya yang meliputi ongkos pesan dan ongkos simpan. EOQ membantu kita menentukan jumlah dan frekuensi yang cocok ketika memesan dan menyimpan persediaan.
Dengan mengumpulkan data penjualan dan pembelian produk selama 6 bulan, peneliti dapat menentukan peramalan permintaan produk modul surya 50 Wp selama 6 bulan kedepan. Selain itu Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan bagian yang bersinggungan dengan persediaan. Dari data yang ada penulis dapat mencari biaya-biaya yang mempengaruhi kuantitas pesanan ke supplier, diantaranya yaitu ongkos simpan dan ongkos pesan. Setelah data diolah dan dihitung dengan meggunakan model EOQ maka akan dapat jumlah optimal kuantitas modul surya yang akan dipesan.
Hasil penelitian menunjukan kuantitas pemesanan optimal sebesar 63 unit.Frekuensi pemesanan sebanyak 5 kali dalam 1 periode. Dengan membandingkan perhitungan model EOQ dengan kondisi eksisting sekarang terjadi penurunan biaya pesan sebesar Rp.2.300.000. Dengan melihat hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan dengan metode EOQ kita bisa meminimasi total biaya persediaan Rp 118.719.197. Economic Order Quantity, Pemesanan Optimal, Peramalan Permintaan.

Subjek

#N/A
 

Katalog

ANALISIS PEMESANAN PRODUK MODUL SURYA 50 WP DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (STUDI KASUS PT.PETROMAT AGROTECH)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NORNAVITASARI
Perorangan
BDO (BUDI SULISTYO); -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

belum pernah diunduh
 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini