PENGENALAN CITRA WAJAH MENGGUNAKAN TRANSFORMASI FRACTAL

Dani Firmanto

Informasi Dasar

111990261
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini kebutuhan terhadap sistem keamanan berkembang dengan pesat dan metode identifikasi telah berkembang menjadi teknologi utama untuk berbagai aplikasi : kontrol akses ATM dan jaringan komputer, kontrol akses ke suatu gedung dan untuk keperluan investigasi bidang kriminal. Semua aplikasi tersebut telah menyebabkan berkembangnya sistem biometrik.
Identifikasi biometrik adalah metode yang secara otomatis mengindentifikasi seseorang berdasarkan karaktersitik fisik atau prilaku. Kata “otomatis” artinya sistem biometrik dapat mengidentifikasi karakteristik manusia dengan cepat tanpa campur tangan dari pemakainya. Wajah merupakan salah satu dari karakteristik fisik manusia yang dapat digunakan untuk identifikasi. Saat ini telah banyak metode yang dikembangkan untuk aplikasi pengenalan wajah. Pada tugas akhir ini akan dikembangkan sistem pengenalan wajah menggunakan transformasi fractal. Selama ini transformasi fractal lebih dikenal sebagai metode kompresi citra. Namun saat ini telah diketahui bahwa transformasi fractal juga dapat digunakan sebagai metode identifikasi.
Dari hasil pengujian didapatkan bahwa sistem dapat mengidentifikasi setiap citra wajah dengan tingkat akurasi rata-rata 94.7%. Selain itu sistem juga memiliki nilai FAR 0 % dan FRR 7.84 %. Pengenalan citra wajah, transformasi fractal

Subjek

IMAGE PROCESSING-DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

PENGENALAN CITRA WAJAH MENGGUNAKAN TRANSFORMASI FRACTAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dani Firmanto
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2003

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini