CONVERTER TEXT TO BRAILLE SEBAGAI ALAT BANT U BACA UNTUK TUNANETRA ( Converter Text to Braille as a Reading tool for the Blind )

TINA WIDI PANGESTI

Informasi Dasar

111128387
621.391 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi perangkat digital saat ini sangat p esat. Manusia sudah tidak tergantung dengan media kertas untuk dapat menikmati berbagai macam konten bacaan. Banyak media digital yang telah menggantikan fungsi kertas sebagai media penyaji konten bacaan. Dewasa ini manusia lebih memilih untuk menggunakan aplikasi yang tertanam pada perangkat elektronik seperti tablet dan telepon genggam untuk membaca suatu konten bacaan. Di sisi lain dari perkembangan teknologi digital, ada kelompok minoritas dengan keterbatasan pengelihatan tidak dapat menikmati layanan i ni. Pembuatan converter text to braille untuk tunanetra diharapkan mampu menciptakan sebuah b raille cell yang dapat merepresentasikan karakter text yan g ada pada file yang berformat . txt.
Alat ini terdiri dari tiga bagian utama. Tiga bagian tersebut adalah f lash disk sebagai data masukan , Raspberry pi sebagai pengendali sistem , serta keluaran berupa karakter Braille yang tertampil di permukaan alat melalui mekanik braille . Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengkonversi karakter alfabet yang terdapat pada file yang berformat . text menjadi karakter braille yang bisa ditampilkan pada Braille cell . Braille cell yang digunakan pada penelitian kali ini menggunakan prinsip elektromagnet. Pros es dimulai saat flash disk di sambungkan dengan port usb pada Raspberry pi, kemudian file yang mempunyai format . text akan terdeteksi. Di dalam Raspberry pi

karakter

karekter dalam bentuk alfabet aka n didefinisikan dalam karakter B raille. Output dari proses tersebut ditampilkan pada braille cell .
Hasil penelitian ini adalah sebuah rangkaian Braille cell yang dapat merepresentasikan karakter Braille secara dinamis sesuai dengan data masukan yang berformat digital . Hasil k eterbacaan karakter Braille melalui format Braille cell menggunakan elektromagnet adalah 100%. Dengan hasil keterbacaan yang tinggi , diharapkan karakter Braille cell menggunakan elektromagnet dapat dikembangkan menjadi elemen pada modul pembaca konten yang lebih komp leks. Teknologi, Baca, Braille.

Subjek

MICROCOMPUTERS
 

Katalog

CONVERTER TEXT TO BRAILLE SEBAGAI ALAT BANT U BACA UNTUK TUNANETRA ( Converter Text to Braille as a Reading tool for the Blind )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TINA WIDI PANGESTI
Perorangan
M. Ramdhani, Burhanudin D.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini