Analisis dan Implementasi Aplikasi SMS Wi-Fi Intranet berbasis Android di Lingkungan Telkom University

Pravita Dwi Nugraheni

Informasi Dasar

111128354
005.133
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada teknologi smartphone saat ini, sudahbanyakaplikasi yang memungkinkanuseruntukberkomunikasimelalui SMS berbasis internet, sepertiWhatsApp, We Chat, dansebagainya. Namun, aplikasitersebutmengharuskanuseruntukterhubungkejaringan internet yang berbayardansangattergantungdengansinyal operator yang tersedia di area tersebut.

Olehkarenaitu, padatugasakhiriniakandibuatsuatuaplikasi SMS WifiIntranet berbasis android denganbahasapemrograman java dansoftwareEclipse yang memungkinkanuseruntukmengirimkan SMS tanpamenggunakanjaringan internet yang berbayar, melainkanmemanfaatkanjaringanWiFilokal yang tersedia, dalamhalinidiambilkasus di lingkunganTelkom University. UntukitudibuatsebuahDatabase Server yang akanmenyimpan database SMS tersebut, sehinggadenganhanyaterhubungjaringanWiFi yang sama, dalamhalinijaringanWiFi Telkom University, makauserdapatmengirimkan SMS melaluiaplikasi android secara gratis. Padasistemini, komunikasi yang dilakukanadalahpoint to point yang melibatkan database server sebagaipenyimpanid penggunadan data smsnya.
Dari hasilpengujian MOS, nilaiterendahdarikomponenujiaplikasiadalah 3,50dengan rata-rata nilaihasilpengujianadalah 3,88. Dari hasilpengujianperformansiaplikasidengankeadaan server normal danuser berjumlah 4, terukurdelay rata-rata hanya 1 detik, sehinggabisadikatakantidakadadelay.Dari hasilpengujianperformasi database server, dapatdisimpulkanbahwasemakinbesarloop count (requestsemakinbesar), delaysama, makakemungkinanerror yang terjadisemakinbesardanresponswaktu server melayanirequestjugasemakin lama. Selainitu, semakinbesarramp up (delay semakinkecil), jumlah requestsama, makakemungkinan error yang terjadisemakinbesarresponswaktu server melayanirequestjugasemakincepat. Dari keseluruhanpengujian yang dilakukan, bisadisimpulkanbahwaaplikasi yang dibuattelahlayakuntukdigunakansebagaiAplikasi SMS Wifi Intranet di lingkungan Telkom University.

Kata Kunci : SMS, JaringanWi Fi, Aplikasi Android, Database Server

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Aplikasi SMS Wi-Fi Intranet berbasis Android di Lingkungan Telkom University
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Pravita Dwi Nugraheni
Perorangan
Gelar Budiman, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini