SISTEM IDENTIFIKASI PEMBULUH VENA JARI TANGAN DENGAN METODE TEMPLATE MATCHING

ADE DIAN FURAIDAH

Informasi Dasar

111108046
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Biometrik adalah salah satu topik penelitian yang terus dikembangkan dari segi implementasi maupun penemuan teknologi biometrik terbaru. Teknologi biometrik tersebut dikembangkan agar didapatkan tingkat akurasi yang tinggi sehingga dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang. Salah satu teknologi biometrik yaitu pengenalan melalui urat vena jari tangan atau yang lebih dikenal finger vein.

Dalam tugas akhir ini akan dibangun sistem pengenalan manusia melalui urat vena jari tangan. Sistem yang dibangun mampu mengambil citra urat vena jari tangan, mendeteksi keberadaan urat vena kemudian mampu mengenalinya berdasarkan database. Hal ini dilakukan setelah proses ekstraksi ciri, pemrosesan dan pengolahan terhadap citra urat vena jari tangan tersebut. Metode yang digunakan adalah Template Matching.

Dari 90 citra yang diujikan pada sistem untuk identifikasi didapatkan akurasi sebesar 91,1% dengan nilai ambang 0,4 dengan waktu komputasi rata-rata 0,028 detik. Sedangkan nilai FAR (False Acceptance Rate) dan FRR (False Rejected Rate) berturut – turut adalah 3,33% dan 6,67%

pengolahan citra, biometrik pembuluh vena, Template Matching

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

SISTEM IDENTIFIKASI PEMBULUH VENA JARI TANGAN DENGAN METODE TEMPLATE MATCHING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADE DIAN FURAIDAH
Perorangan
GELAR BUDIMAN, SUGONDO HADIYOSO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini