SIMULASI STEGANALISIS AUDIO DIGITAL BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM DAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS

Arien Ernawati Mahareni

Informasi Dasar

111104246
620.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbagai penelitian menunjukkan kemajuan teknologi dapat menyebabkan perkembangan terhadap cara pendistribusian sebuah pesan yang bisa disisipi dengan maksud kejahatan. Oleh karena itu, untuk mengawasi pendistribusian suatu pesan yang dilakukan secara tersembunyi maka dibutuhkan suatu metode yang dapat mendeteksi keberadaan pesan yang tersembunyi tersebut. Steganalisis atau pendeteksian pesan yang tersembunyi pada suatu media dapat digunakan sebagai metode untuk mengetahui dan mengamankan pesan tersebut.
Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi steganalisis pada audio dan jenis audio yang akan dideteksi adalah audio dengan format WAV. Audio tersebut diproses menggunakan analisis sinyal dalam domain waktu atau frekuensi yang bisa diamati dari nilai ekstraksi ciri statistiknya. Discrete Cosine Transform (DCT) digunakan untuk mengubah domain waktu ke domain frekuensi dan untuk mengetahui ciri-ciri penting dari sinyal suara yang berbeda. Hasil ekstraksi ciri statistiknya tersebut sebagai input pada Principal Component Analysis (PCA) untuk mereduksi dimensi dari hasi l ekstraksi ciri tersebut. Kemudian Jaringan Saraf Tiruan (JST) digunakan sebagai pengklasifikasi untuk membedakan sinyal audio cover dan sinyal audio stego.
Keluaran sistem berupa kondisi yang menyatakan berkas audio berisi pesan atau tidak. Hasil pengujian diperoleh akurasi untuk masing-masing jenis metode penyisipan pesan adalah DCT sebesar 62.42%, DWT sebesar 74.00%, DWT-SVD sebesar 56.00%, ELSB sebesar 67.34%, dan LSB sebesar 59.92%. Akurasi tersebut diperoleh dari pengujian 30 audio wav asli dan 30 audio wav stego dengan penyisipan pesan 20 huruf dan menggunakan tiga ciri, yaitu deviasi standar, skewness , dan kurtosis , Performansi MSE : 10 -5 , neuron per hidden layer : 50, lr : 0.5, dan epoch : 200. Waktu komputasi rata-rata dalam sistem steganalisis audio adalah selama 5.7045 detik
Kata Kunci : WAV, Steganalisis, Discrete Cosine Transform (DCT), Principal Component Analysis (PCA), Jaringan Saraf Tiruan (JST).

Subjek

SOUND ENGINEERING
 

Katalog

SIMULASI STEGANALISIS AUDIO DIGITAL BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM DAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arien Ernawati Mahareni
Perorangan
Bambang Hidayat, I Nyoman Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini