ANALISIS DAN SIMULASI STEGANOGRAFI ADAPTIF TEKS PADA VIDEO BERDASARKAN METODE SHIFT BIAS INDEKS KUANTISASI

Desi Ananda Sari

Informasi Dasar

111101209
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Steganography adalah seni dan ilmu menyembunyikan pesan, sehingga pesan tersebut sampai kepada penerima tanpa ada orang lain, selain pengirim dan penerima yang menyadari keberadaan pesan tersebut. Dewasa ini steganography tidak hanya digunakan oleh kalangan militer saja, tetapi juga digunakan oleh kalangan industri dengan tujuan menjaga autentifikasi produk serta banyak fungsi lainnya. Steganography ini dapat menggunakan berbagai macam media sebagai tempat menyembunyikan pesan rahasia antara lain gambar, audio dan video.
Pada tugas akhir ini telah dilakukan simulasi steganografi teks pada video menggunakan metode biased shift of quantization index. Metode ini merupakan metode penyisipan bit informasi dengan cara pergeseran dari koefisien transformasi frekuensi yang sesuai berdasarkan indeks kuantisasi dan nilai bit informasi yang ingin disisipkansehingga bit informasi tersisipkan dengan metode pergeseran nilai koefisien DWT (Discrete Wavelet Transform). Metode ini digunakan pada proses stego embedding pada videosehingga informasi yang disisipkan tidak dapat dideteksi.
Hasil yang diperoleh, yaitu pesan rahasia yang dikirim oleh pengirim memiliki BER minimal hingga 0. Pengujian yang dilakukan meliputi ketahanan (robustness) video sisipan terhadap gangguan Additive White Gaussian Noise dan kompresi.Selain itu penyisipan teks pada video ini menghasilkan kualitas frame video yangbaikdengan nilai SNR di atas 30 dBdan nilai MOS 4.46 sampai dengan 4.6 yang merupakan rata-rata hasil survei kepada 30 orang pengamat.
steganography, biased shift of quantization index, DWT

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI STEGANOGRAFI ADAPTIF TEKS PADA VIDEO BERDASARKAN METODE SHIFT BIAS INDEKS KUANTISASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Desi Ananda Sari
Perorangan
Bambang Hidayat, Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini