Analisis dan Simulasi Pengaruh Golden Space Time Block Code (STBC) pada Multiple Antenna untuk Sistem Televisi Digital Terestrial Generasi Kedua (DVB-T2)

Sandria Abhiseka

Informasi Dasar

111101197
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

DVB (Digital Video Broadcasting) adalah salah satu sistem broadcasting yang digunakan untuk mentransmisikan siaran televisiatau video digital hingga kepengguna akhir (end-user).Salah satu dari standar DVB adalah Digital Video Broadcasting Terestrial Second Generation (DVB-T2). Pada DVB-T2 juga telah diimplementasikan pengiriman High Definition Television (HDTV) walau masih sangat terbatas. Ketahanan video HDTV terhadap noise tidak terlalu tinggi sehingga akan terjadi penurunan kualitas sinyal yang diterima user jika kondisi kanal memburuk. Hal ini disebabkan karena perubahan kanal yang dilewati, antara lain dapatdisebabkan oleh kanal multipath, pergerakaan benda di sekitar user, pergerakan user itu sendiri dan noise
Untuk mengatasi masalah di atas dapat digunakan teknik multiple antena tipe Space Time Block Code (STBC) untuk meningkatkan ketahanan sinyal terhadap noise.Penggunaan multiple antena STBC Alamouti pada DVB-T2 dapat meningkatkan ketahanan sinyal terhadap noise di sisi penerima dengan jumlah antena yang sama. Di sisi lain, adatipe STBC lain yaitugolden code yang jugadapatmeningkatkanketahanansinyalterhadapnoise jumlahantena yang sama. Dalampenelitiantugasakhirinitelahdibandingkan BER terhadapEb/No yang direpresentasikandengangrafikdarikeduajenisSTBC tersebut
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa STBC golden code memilikikinerja yang lebihbaikdibandingkandengan STBC Alamoutidansingleantenadenganjumlahantena yang sama. Pada STBC golden code 2x1untukmencapai target BER 10-5membutuhkanEb/No sebesar 17,67 dB, untuk STBC golden code 2x2 membutuhkan 15,68 dB.SedangkanPada STBC Alamouti2x1 membutuhkan 19,68 dB, untuk STBC Alamouti2x2 membutuhkan 18,71 dB.Didapatkanhasilpenelitianbahwa STBC golden code 2x1 dan STBC Alamouti2x1 memilikicoding gain sebesar 2,01dB.Sedangkanuntuk STBC golden code 2x2 dan STBC Alamouti2x2 memilikicoding gain sebesar 3,03dB.
DVB-T2, HDTV, STBC, multiple antena, Alamouti, golden code, BER, Eb/No

Subjek

Antennas : communication engineering
 

Katalog

Analisis dan Simulasi Pengaruh Golden Space Time Block Code (STBC) pada Multiple Antenna untuk Sistem Televisi Digital Terestrial Generasi Kedua (DVB-T2)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sandria Abhiseka
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Linda Meylani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini