IMPLEMENTASI DAN ANALISIS FAST HANDOVER FOR MOBILE IPV6 (FMIPV6) UNTUK LAYANAN BERBASIS IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM (IMS)

Muhammad Raka Perbawa

Informasi Dasar

111100163
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jumlah alamat IPv4 yang terbatas dan semakin bertambahnya perangkat telekomunikasi berbasis IP di dunia, terutama perangkat bergerak memaksa para penyedia layanan telekomunikasi harus menemukan solusi pengalamatan IP yang lebih baru dengan kapasitas lebih banyak.Hal ini diatasi dengan munculnya protokol IPv6.Teknologi Internet Protocol version 6 (IPv6) memiliki kelebihan dibandingkan dengan teknologi IPv4, diantaranya dukungan terhadap Mobile IPv6. Mobile IPv6 adalah fiturbaru yang ada di dalam IPv6 yang memungkinkan sebuah client dapat berpindah jaringan dengan tetap ter-advertise ke home agent/home network-nya. Pada IMS yang merupakan komponen utama dari core network di sistem Long Term Evolution (LTE), fitur mobile IPv6 menjadi sangat penting karena client akan mendapat konektivitas secara kontinu kepada jaringan, ini membuat client tersebut harus memiliki alamat IPv6 yang tetap layaknya Subscriber Identification Module (SIM) dan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada user equipment.

Salah satu pengembangan dari mobile IPv6 ini adalah adanya metode untuk menjaga kualitas komunikasi pada saat terjadi handover ,yaitu Fast Handover for Mobile IPv6 (FMIPv6). Pada tugas akhir ini akan di implementasikan mekanisme Fast Handover for Mobile IPv6 (FMIPv6)pada sebuah testbed yaitu sebuah jaringan IPv6 yang terdiri dari sebuah server IMS yang terhubung ke client-nya melalui beberapa router. Nantinya akan dilihat performansi layanan voice dan video chat pada saat terjadi handover, yaitu pada saat client bergerak berpindah ke access router yang berbeda.

Dari pengujiandapatdisimpulkanbahwaprotokol FMIPv6 mampumenjagaQoSdarilayanan voice chat dan video chat yang disediakanoleh server IMS padasaatterjadi handover.Nilai-nilaidari parameter QoS yang diujikantelahmemenuhistandarnilaiQoS yang dikeluarkanoleh ITU-T.Olehkarenaituprotokol FMIPv6 cocokuntukdiimplementasikanpadasistem IMS untukmenggelarlayanan voice chat dan video chat MIPv6,FMIPv6,IMS,IPv6

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS FAST HANDOVER FOR MOBILE IPV6 (FMIPV6) UNTUK LAYANAN BERBASIS IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM (IMS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Raka Perbawa
Perorangan
Rendy Munadi, Bagus Budi Santoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini