IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI QoS DAN KEAMANAN MPLS VPN-L2VPN MULTIPOINT DAN POINT-TO-POINT

FITRIANI WILUJENG SEPTYANDINI

Informasi Dasar

111100145
004.66
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan jaringan pribadi dengan kemampuan data rate yang cepat dan aman merupakan suatu kebutuhan yang mutlak dibutuhkan pada masa ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu dibuat jaringan pribadi (VPN) yang dapat melewatkan paket data dengan menggabungkan teknologi MPLS dan konsep LAN pada jaringan WAN tersebut. MPLS VPN-L2VPN adalah sebuah teknologi VPN yang menawarkan pengiriman paket data dengan perutean dengan melihat MAC address tujuan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan kecepatan transfer data bisa lebih cepat daripada jaringan konvensional.
Dalam tugas akhir ini dilakukan implementasi MPLS VPN-L2VPN point-to-point dan multipoint berbasis Ethernet jaringan kecil menggunakan router Mikrotik dengan layanan VoIP. Pengujian yang dilakukan meliputi pengukuran parameter QoS serta pengujian keamanan berupa serangan ARP Spoofing dan MAC Flooding.
Dari hasil pengukuran yang dilakukan didapatkan hasil Performansi QoS pada jaringan MPLS VPN-L2VPN bernilai lebih baik dengan throughput paling tinggi sebesar 0.086633 Mbps tanpa background traffic dan 0.086 Mbps dengan background traffic 75 Mbps. Delay pada jaringan MPLS VPN-L2VPN tertinggi bernilai 19.99187 ms tanpa background traffic dan 20.124 ms dengan background traffic. Jitter pada jaringan MPLS VPN-L2VPN terendah didapatkan 0.220733 ms tanpa background traffic dan 0.299 ms dengan background traffic 75 ms. Packet Loss pada jaringan MPLS VPN-L2VPN tertinggi bernilai 0.995% dengan background traffic 75 Mbps. Pengujian keamanan dengan melakukan serangan MAC Flooding dan ARP Spoofing pada jaringan MPLS VPN-L2VPN berhasil dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa jaringan MPLS VPN-L2VPN memiliki performansi QoS yang baik tetapi masih rentan di sisi keamanan ketika diberikan serangan. MPLS L2VPN, VPLS, QoS, ARP Spoofing, MAC Flooding.

Subjek

DATA TRANSMISSION SYSTEMS
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI QoS DAN KEAMANAN MPLS VPN-L2VPN MULTIPOINT DAN POINT-TO-POINT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRIANI WILUJENG SEPTYANDINI
Perorangan
Rendy Munadi, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini