Implementasi dan Analisis Teknologi OpenBTS Untuk Layanan SMS (Short Message Service)

Riana Risnawati

Informasi Dasar

111100114
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Dunia telekomunikasi semakin hari semakin berkembang pesat. Hampir setiap orang di dunia ini memiliki alat komunikasi seluler. Hal ini tidak dapat terlepas dari fungsi BTS (Base Transceiver Station) yang menjadi kunci dari hubungan komunikasi. Semakin berkembangnya teknologi, saat ini munculah teknologi yang disebut OpenBTS. OpenBTS adalah set modul perangkat lunak open source yang memungkinkan membuat jaringan GSM sendiri dengan mengganti s tandar infrastruktur jaringan GSM dari BTS ke atasnya . Teknologi ini sangat cocok untuk daerah terpencil yang kekukarangan infrastruktur telekomunikasi dan untuk daerah pasca bencana. SMS memiliki daya tarik tersendiri untuk user. Hal ini yang menyebabkan tetap dipertahankannya layanan ini dan semakin murahnya biaya akses bagi pengguna. Lebih dari itu, penggunaan SMS sekarang ini telah diperluas untuk berbagai keperluan.
Untuk itu dalam Tugas Akhir ini, dibuat suatu implementasi yang menggabungkan antara teknologi OpenBTS dan layanan SMS dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan OpenBTS yang biasanya hanya diimplementasikan untuk layanan suara saja. Sebagai gambaran, Tugas Akhir ini menggunakan beberapa soft ware pendukung, yaitu : Yate sebagai server telepon, GNU Radio sebagai software pengatur USRP dan OpenBTS untuk menjalankan OpenBTS. Dan untuk menjalankan layanan SMS menggunakan sm qu eue yang sudah tersedia pada software OpenBTS .
Dari hasil pengujian sistem , OpenBTS dapat melakukan pengiriman SMS 7 bit dan SMS 8 bit tetapi terdapat pengaruh end device user . Smqueue juga mendukung pengiriman LMS hanya terbatas sampai 480 karakter. Hasil pengukuran kualitas transmisi OpenBTS saat keadaan LOS lebih baik dibanding keadaan NLOS. Hasil pengukuran QoS menun jukkan bahwa jaringan VoIP yang terhubung dengan OpenBTS memenuhi standar QoS VoIP.
OpenBTS, SMS, USRP, Asterisk, GNU Radio, GSM

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Teknologi OpenBTS Untuk Layanan SMS (Short Message Service)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riana Risnawati
Perorangan
Rendy Munadi, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini