IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFOMANSI OPEN-SOURCE SOFTWARE NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) PADA JARINGAN INTER VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK(INTERVLAN)

Ibnu Muharam

Informasi Dasar

111100078
004.68
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan digital storage berkembang pesat di seluruh dunia seiring dengan semakin banyaknya digital media yang dibuat. Network Attached Storage(NAS) merupakan pengembangan dari server tradisional dimana, NAS ini dibuat khusus untuk file sharing sebagai peran utamanya. Namun pada kenyataannya, network attached storage ini berada pada suatu local area network bersamaan dengan server-server lainnya dan node-node client sehingga performansi network attached storage ini menurun. Masalah ini bisa diatasi dengan cara menerapkan virtual local area network (VLAN) pada jaringan tersebut.
VLAN adalah suatu teknologi dimana kita bisa membuat lebih dari 1 Broadcast Domain

pada layer

2 Data Link . Seperti yang diketahui sebelumnya, pada jaringan LAN biasa, setiap node yang terhubung terletak pada Broadcast Domain yang sama. U ser yang berada pada suatu VLAN tidak akan menerima broadcast packet dari VLAN yang berbeda . Sehingga p aket data yang lewat pa

da jaringan

pun tidak akan sepadat sebelumnya. Pada tugas akhir ini akan dilakukan pengujian Free NAS (Open Source Software NAS) pada jaringan VLAN yang akan dibandingkan dengan LAN. Selain itu akan dilihat perbandingan protocol CIFS, FTP, dan UPNP yang merupakan feature dari FreeNAS pada saat dilakukan transfer data dan pemutaran file multimedia.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan protokol CIFS dan FTP yang merupakan services dari Free NAS menghasilkan throughput 97 .0071 Mbps dan 98.3514 Mbps pada jaringan VLAN. Kedua protocol menghasilkan throughput yang mencapai lebih dari 95% kecepatan maksimum medium Fast Ethernet . Penggunaan NAS pada VLAN menghasilkan throughput

yang stabil yaitu 96

97 Mbps dibandingkan pada LAN yang turun hingga 39.8324 Mbps. Pemutaran file multimedia menggunakan protocol CIFS dan UPNP

pun menunjukkan rata

rata throughput di atas bit rate file. Sedangkan pada delay dan packet loss tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Penggunaan VLAN juga bisa menstabilkan CPU Usage dan RAM Utilization dari NAS. Agar performansi maksimal Free NAS dapat dicapai , penulis menyarankan untuk menggunakan medium Gigabit Ethernet dan menambah RAM hingga 8 GB.
Network Attached Storage, Virtual Local Area Network, CIFS, FTP , UPNP

Subjek

LOCAL AREA NETWORK
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFOMANSI OPEN-SOURCE SOFTWARE NETWORK ATTACHED STORAGE (NAS) PADA JARINGAN INTER VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK(INTERVLAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ibnu Muharam
Perorangan
Rendy Munadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini