Analisis Steganografi dan Kriptografi Video Digital Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard (AES) dan Least Significant Bit (LSB)

Mentari Eka Putri

Informasi Dasar

111100056
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kriptografi adalah ilmu atau seni untuk menyembunyikan informasi yang dilakukan dengan teknik penyandian, atau mengubah pesan atau informasi menjadi sandi-sandi yang tidak dimengerti oleh orang lain, selain pembuat dan penerimanya. Sedangkan steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia (hiding message) sedemikian sehingga keberadaan (eksistensi) pesan tidak terdeteksi oleh indera manusia. Berbeda dengan kriptografi, hasil dari steganografi tidak mencolok, perubahan yang terjadi pada media penampungnya tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan sehingga tidak dapat dideteksi secara kasat mata.
Dalam tugas akhir ini, dibuat sebuah sistem yang menggabungkan antara steganografi dan kriptografi agar mendapatkan keamanan yang lebih tinggi. Kedua teknik penyembunyian pesan ini telah diimplementasikan pada sebuah file video digital yang digunakan sebagai cover. Di dalam video tersebut telah disisipkan sebuah pesan rahasia berupa text yang sebelumnya telah dienkripsi dengan metode Advanced Encryption Standard (AES). Metode yang digunakan untuk teknik steganografinya adalah metode Least Significant Bit (LSB).
Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini adalah sebuah file video stego yang telah berisi pesan rahasia. Masing-masing frame dan videostego yang digunakan sebagai media penampung memiliki performansi yang cukup baik, dilihat dari nilai PSNR yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 59-83 dB dan nilai MOS yang memiliki rata-rata di atas 4. Namun sistem yang telah dibuat tidak memiliki performansi yang baik ketika diberikan serangan berupa noise dan proses kompresi. Seluruh pesan rahasia yang telah disisipkan tidak dapat terekstrak kembali sehingga menghasilkan nilai CER yang mencapai 100%.
Steganografi, Kriptografi, Video Digital, Least Significant Bit (LSB), Advanced Encryption Standard (AES)

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

Analisis Steganografi dan Kriptografi Video Digital Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard (AES) dan Least Significant Bit (LSB)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mentari Eka Putri
Perorangan
Bambang Hidayat, Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini