DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM DETEKSI KOORDINAT SUMBU X, Y, Z PADA OBJEK SECARA REAL TIME BERBASIS IMAGE PROCESSING

WENING ENGGAR SAYEKTI

Informasi Dasar

111098086
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam tugas akhir ini, akan dibuat sebuah sistem yang dapat melakukan proses deteksi koordinat sumbu x, y, dan z terhadap suatu gerakan objek dengan memanfaatkan teknik image processing secara real time.

Simulasi sistem ini dilakukan dengan bantuan perangkat (software) Matlab R2009b dan 2 buah webcam sebagai sensor untuk melihat perpindahan objek yang sedang diamati . Output dari 2 webcam tersebut berupa video yang terdiri dari kumpulan frame yang akan dianalisa dan dikalkulasi dengan algoritma pemograman pada matlab.

Webcam pertama akan memetakan gerakan objek pada koordianat x dan z, webcam kedua akan memetakan gerakan objek pada koordinat y dan z. Proses pengujian sistem dilakukan dengan membuat papan berskala dengan ukuran 60x60x60 cm. Objek akan digerakan pada bidang xyz dan oleh webcam akan diakuisisi gambar video untuk dikirimkan ke komputer. Komputer akan melaksanakan algortima secara real time untuk mencari tahu arah gerakan dari objek yang kemudian oleh sistem akan dideteksi koordinat sumbu xyz.

Sehingga nantinya diharapkan hasil dari pencarian titik-titik koordinat sumbu xyz pada objek menjadi informasi koordinat untuk aplikasi selanjutnya. Informasi koordinat akan dikirimkan melalui komunikasi serial dengan user interface pada program.

Keluaran sistem berdasarkan estimasi jarak meiliki selisih error pergerakan objek pada range 0.01013 cm – 0.95259 cm dan tingkat presisi sebesar 99.873 %. Sedangkan berdasarkan cahaya, error posisi rata - rata yang dihasilkan kurang lebih sebesar 0.31 cm pada cahaya terang dan 0.26 cm pada cahaya redup dan kecepatan komputasi sebesar 1.029 detik. Deteksi koordinat objek, image processing, frame, koordinat.

Subjek

IMAGE PROCESSING-DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM DETEKSI KOORDINAT SUMBU X, Y, Z PADA OBJEK SECARA REAL TIME BERBASIS IMAGE PROCESSING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WENING ENGGAR SAYEKTI
Perorangan
M. ARY MURTI, GELAR BUDIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini