Analisis Kinerja Protokol EAP-SIM Untuk Mekanisme Autentikasi Jaringan WLAN

Achmad Arzal Fariz

Informasi Dasar

111090209
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Autentikasi pada jaringan WLAN merupakan hal pokok yang perlu diperhatikan oleh perusahaan penyedia jasa hotspot internet. Penggunaan autentikasi pada jaringan WLAN terutama di tempat umum perlu dilakukan untuk membatasi akses hanya kepada pelanggan yang terdaftar. Pembatasan ini bertujuan agar beban jaringan tidak meningkat karena pemakaian oleh pihak lain sehingga pelayanan terhadap pelanggan dapat maksimal. Dari beberapa metoda autentikasi untuk jaringan WLAN, EAP-SIM merupakan protokol autentikasi yang menggunakan data informasi autentikasi serupa untuk layanan seluler. Metode autentikasi EAP-SIM memberikan kemudahan bagi pelanggan karena tidak memerlukan pemasangan sertifikat digital ataupun memasukkan username dan password ke dalam WLAN.
Pada tugas akhir ini dianalisis mengenai waktu autentikasi dan pengaruh metode autentikasi terhadap beban server autentikasi. Sebagai perbandingan, maka EAP-SIM akan dibandingkan performansinya dengan protokol EAP-TLS dan EAP-TTLS. Metode autentikasi dalam EAP-SIM menggunakan data autentikasi yang terdapat dalam kartu SIM seluler, sedangkan EAP-TLS dan EAP-TTLS menggunakan sertifikat digital yang harus terpasang terlebih dahulu di perangkat pengguna. Pengukuran waktu autentikasi dilakukan dengan menghitung jarak waktu antara kedatangan paket permintaan identitas autentikasi hingga autentikasi sukses.
Hasil dari pengujian ini akan didapat bahwa performa waktu autentikasi EAP-SIM lebih lama 37,34% dari EAP-TLS. Untuk performansi beban server, EAP-SIM lebih baik 17,44% dibandingkan EAP-TTLS.
Autentikasi, WLAN, EAP, SIM, EAP-TLS, EAP-TTLS, sertifikat digital, kartu SIM

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Kinerja Protokol EAP-SIM Untuk Mekanisme Autentikasi Jaringan WLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Achmad Arzal Fariz
Perorangan
Tody Ariefianto Wibowo, Istikmal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini